APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF 3D SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PENGHITUNGAN MATEMATIKA DENGAN CEPAT UNTUK SISWA SD DI BIMBEL ONE SOLUTION

FITRIA, FITRIA (2018) APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF 3D SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN PENGHITUNGAN MATEMATIKA DENGAN CEPAT UNTUK SISWA SD DI BIMBEL ONE SOLUTION. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal 41513120013 Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study aims to create an application of mathematics learning elementary in Bimbel One Solution with a desktop based on the use of software Blender, the software used to create 3D applications. Making this application is expected to facilitate students in math lessons. The author makes this learning application with several stages, namely observation, product design, product creation using Blender software as development tool and 3D manufacture, Adobe Illustration CS6 software to process image, TTSApp Software and Audacity 2.2.2 software for audio design. Further testing of the system to the user application as an assessment of the results of application design. The result of the design is the application of mathematics learning which contains the method of rapid calculation for math lessons and practice questions to test the user. From the design of this application is expected to provide convenience, improve effectiveness and efficiency for application users. Keywords— Blender, 3D, Interactive Multimedia Applications, Pyhton Programming Language. Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran matematika SD di Bimbel One Solution dengan berbasis destop dibuat menggunakan software Blender, yaitu software yang digunakan untuk membuat aplikasi 3D. Pembuatan aplikasi ini diharapkan mempermudah siswa dalam pelajaran matematika. Penulis membuat aplikasi pembelajaran ini dengan beberapa tahapan, yaitu observasi, desain produk, pembuatan produk dengan menggunakan software Blender sebagai development tool dan pembuatan 3D, software Adobe Ilustration CS6 untuk mengolah image, Software TTSApp dan software Audacity 2.2.2 untuk perancangan audio. Selanjutnya dilakukan pengujian sistem kepada pengguna aplikasi sebagai penilaian hasil dari perancangan aplikasi. Hasil dari perancangan adalah aplikasi pembelajaran matematika yang berisi metode penghitungan cepat untuk pelajaran matematika dan latihan soal untuk menguji pengguna. Dari perancangan aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pengguna aplikasi. Kata Kunci— Blender, 3D, Aplikasi Multimedia Interaktif, Bahasa Pemrogramman Pyhton.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41513120013
Uncontrolled Keywords: Blender, 3D, Aplikasi Multimedia Interaktif, Bahasa Pemrogramman Pyhton.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:07
Last Modified: 07 Nov 2018 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45429

Actions (login required)

View Item View Item