MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT.PERTAMINA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI SPONSORSHIP PROLIGA

SASKIA, ROMLAH DWI (2017) MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS PT.PERTAMINA DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI SPONSORSHIP PROLIGA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Public Relations PT Pertamina Dalam Mempertahankan citra perusahaan Melalui Program Sponsorship Proliga”.Identifikasi masalah dalam penelitian ini meliputi empat komponen yaitu mendefinisikan masalah, perencanaan dan Program, aksi dan komunikasi, dan evaluasi Program. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran yang sesuai dari identifikasi masalah dalam penelitian ini. Tujuan yang hendak dicapai peneliti yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen public relations dalam mempertahankan citra perusahaan melalui sponsorship program proliga. Teori yang digunakan oleh peneliti mengacu pada konsep proses manajemen public relations yang di kemukakan oleh Scoot M.Cutlip,M Allen H.Center dan Glen M.Brown dari mendefinisikan masalah, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, dan di akhiri dengan evaluasi program. Peneliti menggunakan metodologi kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif dalam penelitian. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dengan nara sumber dari pihak PT Pertamina dan data sekunder di dapat melalui dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang akan diteliti. Dari hasil penelitian secara keseluruhan tentang manajemen public relations yang dilakukan tim public relations pertamina menunjukkan bahwa mempertahankan citra perusahaan melalui Sponsorship telah melakukan event proliga yang dampak nya baik dan efektif. Dilihat dari kehadiran penonton lebih banyak ini menunjukkan respon positif pada event proliga. Hal tersebut dikarenakan pertamina menggaet banyak komunitas dari dalam perusahaan untuk dapat turut serta memperoleh banyak dukungan melalui sebuah pertunjukan dan acara yang membuat event proliga semakin menarik untuk dikunjungi, bukan hanya dari pencinta voli. Tetapi juga banyak pertunjukan yang dinanti oleh penonton dan komunitas pencinta otomotif. Dengan demikian brand pertamina semakin banyak dikenal dimasyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 213
NIM/NIDN Creators: 44213010070
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN, PUBLIC RELATIONS, PT.PERTAMINA, CITRA PERUSAHAAN, SPONSORSHIP PROLIGA
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Aug 2018 05:44
Last Modified: 08 May 2024 07:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44154

Actions (login required)

View Item View Item