PENGARUH VENTILASI TERHADAP KINERJA TERMAL RUANG KELAS SMK NEGERI 1 JAKARTA

PUNGKHASAN, ANGGER (2018) PENGARUH VENTILASI TERHADAP KINERJA TERMAL RUANG KELAS SMK NEGERI 1 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Pendekatan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Kesimpulan dan Rekomendasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the thermal performance through the evaluation of ventilation in the colonial-style building architecture, how much influence the ventilation to the thermal performance of the classroom, viewed from the architectural building technology of this colonial architecture is a building built only in Europe that has a subtropical climate and began to spread to Humid tropical climate such as Indonesia will surely affect the convenience of temperature in building users, it is influenced by various components such as windows made large and large to adapt to the climate in Indonesia, through this research will be studied how much influence the window openings to the natural cooling of space and whether had provides thermal comfort to the building user, the method used is using measurement variables, observation (Evaluative), and measuring the components of the aperture to find out how big the effect on the associated space temperature with natural classroom cooling (Quantitative). Keywords: colonial building, ventilation, windows, natural cooling, classroom ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja termal melalui evaluasi ventilasi pada bangunan bergaya arsitektur kolonial, seberapa besar pengaruh ventilasi terhadap kinerja termal ruang kelas, dilihat dari teknologi bangunan yang bergaya arsitektur kolonial ini merupakan bangunan yang hanya dibangun di Eropa yang memiliki iklim subtropis dan mulai merambah ke iklim tropis lembab seperti Indonesia tentu akan mempengaruhi kenyamanan suhu pada pengguna bangunan, hal ini dipengaruhi oleh berbagai komponen seperti jendela yang dibuat banyak dan besar agar beradaptasi dengan iklim di Indonesia, melalui penelitian ini akan dikaji seberapa besar pengaruh bukaan jendela terhadap pendinginan alami ruang dan apakah masi memberikan kenyamanan termal pada pengguna bangunan, metode yang digunakan adalah menggunakan variabel-variabel pengukuran, observasi (Evaluatif), dan mengukur komponen-komponen bukaan tersebut untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap suhu ruang yang berkaitan dengan pendinginan alami ruang kelas (Kuantitatif). Kata kunci : bangunan kolonial, ventilasi, jendela, pendinginan Alami, ruang kelas

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 1212110063
Uncontrolled Keywords: bangunan kolonial, ventilasi, jendela, pendinginan Alami, ruang kelas
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan
600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan > 697 Heating, ventilating, air-conditioning engineering/Teknik Pemanasan Rumah, Teknik Pemanas Ruangan, Teknik Ventilasi dan Pendingin Ruangan AC > 697.9 Ventilation and Air Conditioning/Teknik Ventilasi dan Pendingin Ruangan AC
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Jul 2018 01:02
Last Modified: 16 Jul 2018 01:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43677

Actions (login required)

View Item View Item