RAHLANDINI, PUTRI (2018) EFEK TAYANGAN ILOOK DI NET TV TERHADAP GAYA BERBUSANA DIKALANGAN MAHASISWI PUBLIC RELATION UNIVERSITAS MERCU BUANA (Survei Terhadap Mahasiswi Bidang Studi Public Relation Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
Abstract
Dengan munculnya stasiun-stasiun televisi baik local maupun nasional membuktikan bahwa stasiun televisi semakin berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan khalayak akan informasi. Pengaruh media massa juga berperan untuk mendapatkan banyak informasi mengenai ragam busana dan menjadi gaya hidup yang modern.1Melalui media massa fashion atau gaya berbusana seakan disosialisasikan kepada khalayak seolah-olah itu yang harus di ikuti, khususnya remaja wanita jaman sekarang ini. Fashion telah menjadi gaya hidup dan dianggap penting dalam kehidupan bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama remaja. Pakaian tentunya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Pakaian sebagai salah satu bentuk konsumsi yang paling mudah untuk dilihat mempunyai peran yang sangat besar. Untuk itu perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu tentang “Seberapa besar efek tayangan iLook di NET TV terhadap gaya berbusana di kalangan mahasiswi? Teori yang digunakan ialah uses and effect yang mengasumsikan bahwa, khalayak adalah anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan baik secara psikologis maupun social dan secara aktif serta selektif menggunakan (berlangganan, membaca, menonton, atau mendengarkan) suatu media tertentu guna memenuhi kebutuhannya, sehingga dapat terjadinya suatu efek bagi diri individu setelah mereka menggunakan media tersebut, baik secara positif maupun negatif. Tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode survei, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Public Relation angkatan 2015 dengan responden sebanyak 95 yang di ambil. Secara keseluruhan, berdasarkan hasil penilaian responden pada efek kognitif, efek afektif, dan efek konatif terhadap tayangan ILOOK di Net Tv, diperoleh presentase penilaian responden yang mencapai angka 40% yang berarti adalah Positif serta berpengaruh terhadap gaya berbusana di kalangan mahasiswi Public Relation angkatan 2015.
Actions (login required)
View Item |