MUKHSININ, MOCHAMAD (2018) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA BAGDUMAS RORENMIN ITWASUM POLRI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal 41815120149 mochamad mukhsinin.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
Abstract
Bagdumas Rorenmin Itwasum Polri merupakan salah satu sub satuan kerja pada tingkat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia yang memiliki tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan proses penanganan perkara yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Laporan atau pengaduan yang disampaikan kepada Bagdumas Itwasum Polri dalam bentuk surat-menyurat atau bersifat administratif, saat ini proses pencatatan laporan atau pengaduan masyarakat masih menggunakan cara manual dengan mencatat pada buku register atau agenda dumas, sehingga pada saat masyarakat kembali menanyakan perkembangan penanganan laporannya, pengecekannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu perlu dirancang suatu sistem informasi penanganan pengaduan masyarakat (dumas) untuk membantu pendataan dan pengelolaan penanganan dumas secara digital. Metode perancangan sistem informasi ini menggunakan Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan Unified Modelling Language (UML). Sistem informasi penanganan dumas ini diharapkan dapat mempermudah petugas dalam melakukan input, pengecekan dan memberikan informasi mengenai perkembangan penanganan laporan atau pengaduan kepada masyarakat dengan cepat dan nantinya dapat memberikan laporan rekapitulasi, analisa dan evaluasi yang cepat dan akurat kepada pimpinan. Kata kunci : Pengaduan Masyarakat, Proses Penanganan, Rekapitulasi, Object Oriented Analysis Design (OOAD)
Actions (login required)
View Item |