EVALUASI DESAIN GEOMETRIK DAN STRUKTUR JALAN REL KERETA API BANDARA SOEKARNO HATTA

WIJAYA, BACHTIAR ADI (2018) EVALUASI DESAIN GEOMETRIK DAN STRUKTUR JALAN REL KERETA API BANDARA SOEKARNO HATTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran (Shop Drawing).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Bandara Soekarno Hatta merupakan Bandara terbesar dan memiliki jalur penerbangan tersibuk di Indonesia. Jalur transportasi baik di dalam maupun di luar bandara hanya dapat melalui jalur darat yang terdiri dari Jalan Raya Bebas Hambatan (Jalan Tol) dan Jalan Raya Arteri. Seringkali terjadi kemacetan di jalur menuju Bandara Soekarno Hatta, sehingga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama untuk sampai ke bandara. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya pengembangan sistem transportasi secara terpadu dalam penyelenggaraan moda kereta api sehingga dapat meningkatkan penyediaan jasa angkutan kereta api bagi mobilitas orang serta barang dengan aman, nyaman, cepat, teratur, selamat dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi desain terhadap trase eksisting, perhitungan alinyemen lengkung horisontal, perhitungan alinyemen lengkung vertikal, dan perhitungan struktur jalan rel. Pemilihan trase didasarkan pada desain kecepatan rencana kereta api dan kelas jalan rel yang direncanakan. Perhitungan geometrik dan struktur jalan rel merujuk pada Permenhub No. 60 Tahun 2012. Metodologi yang digunakan adalah pengumpulan data – data sekunder, identifikasi masalah, studi literatur dan analisa data perencanaan berupa analisa kecepatan rencana, analisa rel serta analisa bantalan yang akan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perhitungan lengkung horisontal bergantung pada penentuan jari – jari lengkung (R) dan pembatasan kecepatan kereta api (V) dalam perencanaan awal. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pengaruh gaya sentrifugal yang terjadi pada rel. Pada perhitungan lengkung vertikal, kecepatan yang direncanakan kurang dari 100 km/jam sehingga jari – jari lengkung vertikal sebesar 6000 meter. Besarnya beban dinamis kereta adalah 16.940,30 Kg. Momen maksimum pada rel yang terjadi akibat beban kereta adalah 427.958,266 Kgcm dan defleksi yang terjadi pada rel per 3 meter sebesar 0,025 cm. Sedangkan untuk besarnya tegangan yang terjadi pada rel adalah 1.181,537 Kg/cm2. Distribusi beban dengan tebal balas ekuivalen 80 cm, memberikan tekanan pada tanah dasar sebesar 21,375 Kg/cm2 (pada tengah bantalan) dan 3,255 Kg/cm2 (dibawah rel). Sambungan rel menggunakan las “thermit welding” dengan rel panjang sebesar 250 meter dan lebar celah rel (G) sebesar 7,34 mm. Kata Kunci : Transportasi, Geometrik, Struktur, Jalan Rel, Bandara Soekarno Hatta

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 116
NIM/NIDN Creators: 41111110033
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Geometrik, Struktur, Jalan Rel, Bandara Soekarno Hatta
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.6 Inclined and Mountain Railroad Systems/Sistem Pendakian dan Pegunungan Jalan Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.31 Railroad and Rapid Stations/Jalan Kereta api dan Stasiun
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:26
Last Modified: 05 Feb 2024 01:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41123

Actions (login required)

View Item View Item