ALAMSYAH, HARTADI (2017) ANALISA PENGARUH MEDIASI REFERRAL WOM TERHADAP LOYALITAS YANG DIPENGARUHI OLEH RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PERCEIVED VALUE (STUDI KASUS PENGUJIAN PRODUK B2B OLEH PIHAK KETIGA). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
Abstract
Beberapa penelitian yang menyatakan bahwa loyalitas dipengaruhi oleh nilai yang dirasakan dan relasi dengan pelanggan, tetapi pada bisnis B2B jasa pengujian produk ada faktor referral WOM yang belum diteliti secara empiris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari perceived value dan relationship marketing terhadap loyalitas dan referral word of mouth (WOM) sekaligus meneliti bagaimana dan sejauh mana referral WOM memediasi efek ini. Data penelitian menggunakan hasil kuesioner dari 185 pelanggan yang aktif selama enam bulan terakhir. Metode analisa yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM) dengan Lisrel 8.8 sebagai alatnya dan dikombinasikan dengan SPSS 23 untuk menganalisa korelasi antar dimensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived value dan relationship marketing masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan referral WOM. Fungsi mediasi referral WOM terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Hal menunjukkan jika perusahaan mau mempertahankan loyalitas maka harus memperhatikan perceived value yang diterima pelanggan dan terus meningkatkan relationship marketing sehingga terbentuk referral WOM yang positif and intensif terutama untuk komitmen dan skema pricing dan payment. Keywords : perceive value, relationship marketing, referral word of mouth, loyalitas pelanggan, B2B, jasa pengujian produk
Actions (login required)
View Item |