HANDAYANI, FIDIA (2018) STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM FEATURE INDONESIA PUNYA CERITA TRANS TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
08.ABSTRAK.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN, TANDA LULUS _ PENGESAHAN.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
06.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text (BAB II)
10.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
||
Text (BAB III)
11.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (BAB IV)
12.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB V)
13.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
Abstract
Indonesia Punya Cerita merupakan program feature di Trans TV. Indonesia Punya Cerita merupakan salah satu program informatif yang disajikan oleh Trans TV, yang tayang setiap hari Sabtu pukul 08:00 dengan durasi 30 menit. Program ini menghadirkan keunikan dari setiap penjuru Indonesia, dari mulai upacara adat, makanan, tempat- tempat unik, kebiasaan unik serta fakta – fakta lainnya yang jarang diketahui banyak orang. Dikemas secara ringan oleh seorang pembawa acara yang merupakan tim kreatif dari program ini. Program Indonesia Punya Cerita merupakan suatu program yang tidak hanya menghibur saja, tetapi juga memberikan informasi secara rinci terkait dengan objek yang diliput Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui strategi kreatif yang dijalankan oleh produser sebagai salah satu bagian terpenting dalam suatu produksi program acara televisi. Ditinjau dari tugas dan tanggung jawab seornag produser yang bekerja dari tahap pra produksi (dimulai dengan membuat konsep dan ide), produksi (eksekusi rangkaian produksi oleh seluruh tim), paska produksi (melakukan evaluasi program yang telah di produksi bersama seluruh tim). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Karena peneliti melakukan observasi di lapangan dan peneliti melakukan wawancara kepada para narasumber yangberkaitan dengan penelitian ini. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Karena peneliti ingin menjabarkan atau menggambarkan strategi kreatif yang diterapkan oleh produser program Indonesia Punya Cerita di Trans TV dalam mempertahankan tayangannya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 13 elemen strategi kreatif Naratama yaitu target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick and funfare, clip hunger, tune and bumper, penataan artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, logo dan music track, general rehearsal, dan interactive program diterapkan oleh produser Indonesia Punya Cerita dalam upaya mempertahankan kualitas tayangannya.
Actions (login required)
View Item |