KOMUNIKASI KEBIJAKAN PUBLIK AMNESTI PAJAK: PEMODELAN SOSIALISASI KEBIJAKAN ERA PEMERINTAHAN PRESIDEN JOKO WIDODO

SRIGANDA, MERCY LONA DARWATY RYNDANG (2017) KOMUNIKASI KEBIJAKAN PUBLIK AMNESTI PAJAK: PEMODELAN SOSIALISASI KEBIJAKAN ERA PEMERINTAHAN PRESIDEN JOKO WIDODO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena kebijakan publik amnesti pajak. Ketika dicanangkan menimbulkan pro kontra pada masyarakat sehingga pemerintah harus melakukan komunikasi yang intens kepada masyarakat. Sosialisasi merupakan bagian yang sangat penting dalam mengomunikasikan setiap kebijakan publik yang dikeluarkan oleh pemerintah baik sosialisasi internal maupun sosialisasi eksternal. Sosialisasi kebijakan publik oleh pemerintahan Presiden Jokowi dapat digambarkan dalam sebuah pemodelan atau pun peta komunikasi (road map). Pemodelan komunikasi sosialisasi kebijakan amnesti pajak dimulai dari Presiden Jokowi mencanangkan program pengampunan pajak pada tanggal 1 Juli 2016 sampai dengan berakhirnya tanggal 31 Maret 2017. Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (Dit. P2Humas Ditjen Pajak) melakukan sosialisasi internal dan eksternal dengan memakai berbagai strategi dan tools yang efektif serta efisien. Dit. P2Humas Ditjen Pajak memandang penting sebagai model adalah kepala pemerintahan teringgi Presiden Joko Widodo dalam sosialisasi kebijakan amnesti pajak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, kasus-kasus dibatasi oleh waktu dan aktifitas, dan peneliti mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan dengan menggabungkan hasil wawancara, observasi serta menggabungkan dokumentasi yang didapatkan peneliti dalam melakukan proses penelitian. Teori yang digunakan sebagai referensi penelitian adalah Teori Performa Komunikatif dan model kebijakan publik George Edward III. Model Lona adalah hasil penelitian ini yang menggambarkan pemodelan sosialisasi atau peta komunikasi kebijakan publik amnesti pajak yang dilakukan Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahannya khususnya yaitu Dit. P2Humas Ditjen Pajak. Sosialisasi yang sangat baik telah dilakukan sehingga amnesti pajak dibicarakan dimana-mana,dan diketahui oleh masyarakat luas walaupun hasil uang tebusan amnesti pajak dan jumlah peserta amnesti pajak tidak mencapai target.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/PCOM/2017/023
Call Number: 52/PCOM/2017/023
NIM/NIDN Creators: 55215110055
Uncontrolled Keywords: Pemodelan komunikasi, Sosialisasi, Kebijakan Publik, Amnesti Pajak, Model of Communication, Socialization, Public Policy, Tax Amnesty
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 10 Jan 2018 08:48
Last Modified: 12 Jan 2018 06:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40212

Actions (login required)

View Item View Item