ARDIANSYAH, IWAN (2016) ANALISIS EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ANTARA CONTROLLER DAN PENERBANGAN DI UNIT APPROACH JAKARTA SEKTOR TERMINAL WEST JAKARTA AIR TRAFFIC SERVICES CENTRE PERUM LEMBAGA PENYELENGGARA PELAYANAN NAVIGASI PENERBANGAN INDONESIA. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRACT.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
7. BAB satu.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB 2)
8. BAB dua.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
||
Text (BAB 3)
9. BAB tiga.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text (BAB 4)
10. BAB empat.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB 5)
11. BAB lima.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
||
Text (BAB 6)
12. BAB Enam.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR pustaka.pdf Download (192kB) | Preview |
|
Text (PUSTAKA)
PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas komunikasi antara controller dan penerbang di sektor Terminal West pada unit Jakarta Approach, Jakarta Air Traffic Services Centre, mengetahui pengaruh faktor-faktor komunikasi terhadap efektifitas komunikasi dan solusi penyelesaian masalah dalam menjaga tingkat efektifitas komunikasi berdasarkan konsep PDCA. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel berupa 50 (lima puluh) hasil rekaman komunikasi antara controller dan penerbang selama bulan Juni 2015 dan data sekunder berupa data pergerakan pesawat udara serta laporan kerusakan fasilitas komunikasi sektor yang diamati selama bulan Juni 2015. Metode analisa pertama yang digunakan adalah uji pihak kanan dengan hasil bahwa efektifitas penggunaan bahasa baku (fraseologi) dan kinerja fasilitas komunikasi masing-masing adalah kurang dari nilai standar. Metode analisa kedua adalah korelasi tunggal dengan hasil bahwa faktor struktur pesan mempunyai hubungan yang kuat dan positif sebesar 0,61 dengan efektifitas komunikasi, faktor kondisi fasilitas komunikasi pesan mempunyai hubungan yang sedang dan positif sebesar 0,48 dengan efektifitas komunikasi, dan faktor jumlah pergerakan pesawat udara pesan mempunyai hubungan yang lemah dan positif sebesar 0,29 dengan efektifitas komunikasi. Metode ketiga adalah korelasi berganda dengan tiga variabel tidak tergantung dengan hasil bahwa faktor struktur pesan, kondisi fasilitas komunikasi dan jumlah pergerakan pesawat udara secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dengan efektifitas komunikasi. Sedangkan faktor yang harus diperbaiki adalah pelatihan controller dan minat pelaporan oleh supervisor dengan cara melaksanakan prosedur pemberian arahan sebelum bekerja, mengevaluasi hasil kerja, membuat laporan secara lengkap dan pelaksanaan pembekalan secara berkala.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-16-012 |
Call Number: | 35/MPO/2016/013 |
NIM/NIDN Creators: | 55111110055 |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, komunikasi penerbangan, uji pihak kanan, uji korelasi, PDCA, Effectivity, aeronautical communication, right side analysis, correlation analysis, MPO, Manajemen oprasional |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 08:36 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:10 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38983 |
Actions (login required)
View Item |