Analisa Perancangan Dan Implementasi Load Balancing Web Service : Studi kasus Pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

, Abdillah Galih Agung (2010) Analisa Perancangan Dan Implementasi Load Balancing Web Service : Studi kasus Pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
4150511002 Abdillah Galih Agung Wicaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pada perkembangan teknologi yang pesat saat ini, semua orang ingin melakukan segala sesuatunya dengan efektif dan efisien. Salah satunya adalah masalah lelang. LKPP sebagai lembaga yang yang bertugas membuat kebijakan mengenai pengadaan barang/jasa untuk pemerintahan, memiliki satu aplikasi untuk melakukan lelang secara online, yang saat ini telah diimplementasikan pada 30 titik diseluruh Indonesia yang kedepannya akan terus bertambah jumlah titiktitik tersebut. Seiring dengan semakin bertambahnya pengguna dari aplikasi tersebut, performance dari sistem akan mengalami penurunan. Untuk itu digunakan solusi clustering web service dengan menggunakan load balancer, database clustering, dan disk mirroring. Solusi yang digunakan ini dirasakan cukup efektif untuk meningkatkan performance dari sistem yang ada. Pemilihan solusi ini didasarkan pada kemudahan instalasi, opensource, dan keefektifan biaya yang diimbangi dengan pengoptimalan teknologi yang bisa mengakomodir kebutuhan saat ini. Sistem ini selain memberikan peningkatan performance juga mampu memberikan solusi backup dan memudahkan proses recovery ketika sistem terjadi masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 050
Call Number: SIK/15/10/044
NIM/NIDN Creators: 4150511002
Uncontrolled Keywords: WEB SERVICE, clustering, disk mirroring, load balancing, sistem backup
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Mar 2010 11:05
Last Modified: 06 Dec 2022 06:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37657

Actions (login required)

View Item View Item