Strategi komunikasi pemasaran PT.Cipta TPI dalam memasarkan program API 1 (periode februari-mei 2005)

handayani, Rusvidiyanti dwi (2007) Strategi komunikasi pemasaran PT.Cipta TPI dalam memasarkan program API 1 (periode februari-mei 2005). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

ABSTRAKSI Rusvidiyanti Dwi Handayani (4430412-012) Strategi Komunikasi Pemasaran PT.Cipta TPI Dalam Memasarkan Program API 1 (periode Februari – Mei 2005). (xii + 90 halaman; lampiran; 3 bagan, data, artikel hasil wawancara dan biodata) Bibliografi : 31 Acuan 1984 – 2006 Banyaknya program acara ditelevisi yang sejenis, membuat pihak televisi sebagai media penyiaran berlomba – lomba menyuguhkan program dengan format yang serupa dengan harapan dan untuk mendapat kue iklan. Program yang sukses, dapat menjadi daya tarik bagi pengiklan. Televisi harus dilihat sebagai sebuah industri yang berorientasi pada jumlah pemirsa terbesar, sebab jumlah pemirsa inilah yang bisa dibawa dan ditawarkan kepada pemasang iklan atau klien. Kesuksesan sebuah program acara biasanya dilihat dari segi rating, share dan spot iklan yang masuk pada program tersebut. Ketika suatu program acara memiliki rating tinggi, itu artinya banyak orang yang menyukainya. Peranan pihak sales dan marketing PT.Cipta TPI dalam mengkomunikasikan strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan program API 1 sangatlah penting, dimana strategi komunikasi pemasaran yang dibuat dapat membuat para pemasang iklan memasukkan iklannya pada program API 1. Ini dikarenakan program API 1 juga merupakan trendsetter baru di dunia lawak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pihak sales dan marketing PT.Cipta TPI dalam memasarkan program API 1 (periode Februari – Mei 2005). Sifat penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus, tekhnik pengumpulan data dengan wawancara secara mendalam terhadap tiga orang nara sumber (key informan), yaitu Marketing Research Head, Marketing Strategy dan Media Director. Hasil penelitian yang didapat bahwa didalam melakukan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan PT.Cipta TPI, komunikasi yang dilancarkan sifatnya lebih kepada komunikasi antar pribadi. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan lebih efektif, pihak PT.Cipta TPI menggunakan bauran pemasaran yakni personal selling (penjualan secara personal) yang dilakukan oleh account executive sebagai pemasar dari program API 1 dengan tipe penjualan yang dipakai adalah network atau jaringan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 051
Call Number: SK/08/006 DWI s
NIM/NIDN Creators: 4430412-012
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 10:29
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37556

Actions (login required)

View Item View Item