Analisa kinerja rute penerbangan pesawat ditinjau dari seat load factor (SLF) pada penyedia jasa angket angkutan udara PT.garuda indonesia

mutia, Indah (2007) Analisa kinerja rute penerbangan pesawat ditinjau dari seat load factor (SLF) pada penyedia jasa angket angkutan udara PT.garuda indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Perusahaan jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines sebagai Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia yang dapat melayani rute-rute penerbangan internasional dan domestik. Perusahaan penerbangan Garuda Indonesia adalah jasa pelayanan penerbangan berupa jaringan penerbangan yang harus disertai penyediaan kapasitas yang memadai, jaminan keselamatan, pelayanan yang memuaskan dan sebanding dengan harga jual, serta ketepatan penyamapian sesuai dengan yang telah dijanjikan. Garuda Indonesia tidak terlepas dari persaingan yang sangat ketat antara perusahaan-perusahaan penerbangan lainnya. Salah satu faktor yang terpenting dalam bisnis penerbangan berjadwal adalah Seat Load Factor (SLF). Seat Load Factor merupakan perbandingan antara seat yang terjual dengan kapasitas seat yang tersedia dari suatu rute pesawat yang dinyatakan dalam bentuk persentase, atau seat km penjualan dibagi dengan seat km produksi, atau total revenue passenger kilometer. Jika nilai Seat Load Factor (SLF) di atas nilai SLF Break Even Event Point, hal ini merupakan indikator yang memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan. Dari hasil perhitungan diperoleh besarnya profit untuk rute Solo-Cengkareng merupakan rute yang paling besar mendapat keuntungan sebesar Rp. 1,784,100,676, dan selama satu tahun beroperasi jalur tersebut tidak pernah mengalami kerugian. Tingkat keuntungan (profit) yang bervariasi salah satu faktornya adalah Seat Load Factor, Penggunaan jenis pesawat, tarif, kargo, pos serta banyaknya frekuensi penerbangan dapat diperkirakan tingkat profitabilitas suatu rute penerbangan yang layak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 07 047
Call Number: STI/07/262 MUT a
NIM/NIDN Creators: 41605010022
Uncontrolled Keywords: GARUDA INDONESIA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 31 Jan 2008 13:17
Last Modified: 06 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37390

Actions (login required)

View Item View Item