Perancangan alat simulasi proses pengendalian pada boiler maxitherm menggunakan mikrokontroller AT89C51 di PT.Graha Cemerlang Paper utama Cikampek

heriyono, Kelik (2007) Perancangan alat simulasi proses pengendalian pada boiler maxitherm menggunakan mikrokontroller AT89C51 di PT.Graha Cemerlang Paper utama Cikampek. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)

Abstract

Sistem pengendalian proses pada boiler maxitherm di PT. Graha Cemerlang Paper Utama di Cikampek harus dikuasai dengan baik oleh para operator boiler untuk menghindari human error. Kondisi dilapangan menunjukkan para operator boiler mengalami kesulitan didalam memahami pengendalian proses tersebut, yang disebabkan tidak adanya alat bantu yang menggambarkan proses pengendalian pada boiler. Sistem kontrol proses pada boiler akan bekerja dengan baik jika kondisi level air pada tanki deaerator, feed water dan drum boiler dalam keadaan normal. Setelah level air dalam tanki-tanki tersebut normal, maka sistem kontrol proses dijalankan, untuk mengontrol level-level air dalam tanki-tanki tersebut proses pengontrolan level air ini dimulai dari pengontrolan hidup/matinya pompa raw water, pompa deaerator, pompa feed water dan pompa chemical dosing. Sistem kontrol level ini akan mengendalikan bukaan kontrol valve. Setelah sistem pengendalian level bekerja, baru sistem burner akan dapat dioperasikan. Seluruh sistem burner ini dikontrol oleh burner kontrol. Sistem kontrol burner ini dimulai dari proses pre purging, ignition, kontrol firing, dan shut down ( mematikan api ) post purging. Alat simulasi pengendalian proses pada boiler, menggambarkan prosesproses pengendalian yang terjadi pada boiler. Alat ini dilengkapi dengan indicator-indikator dan switch-switch yang menggambarkan kondisi plant sesungguhnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 024
Call Number: STI/08/09 HER p
NIM/NIDN Creators: 4140411-112
Uncontrolled Keywords: ALAT SIMULASI
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 May 2008 09:12
Last Modified: 04 Jun 2017 05:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31001

Actions (login required)

View Item View Item