Pengendalian persediaan bahan baku sepatu nike dengan metode economic order quantity (EOQ) guna menurunkan biaya pemesanan ekonomi di PT.Pratama abadi indutri

yusup, Asep (2007) Pengendalian persediaan bahan baku sepatu nike dengan metode economic order quantity (EOQ) guna menurunkan biaya pemesanan ekonomi di PT.Pratama abadi indutri. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)

Abstract

PT. Pratama Abadi Industri merupakan salah satu industri manufaktur yang memproduksi sepatu untuk berlari (running shoes) dan mempunyai pangsa pasar yang cukup besar terutama untuk pasar luar negeri, sehingga selalu dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dunia dalam menghadapi persaingan yang ketat pada saat ini agar dapat mempertahankan bahkan meningkatnya jumlah kebutuhan bahan baku, sehingga perusahaan perlu melakukan pengendalian persediaan, agar kendala kekurangan bahan baku (stock out) dapat terhindar dan menghasilkan pemesanan yang ekonomis. Satu solusi yang dapat dilakukan untuk menjawab persoalan tersebut di atas maka diperlukan suatu perbaikan sistem pengendalian persediaan bahan baku yang telah ada, perbaikan ini dapat dilakukan melalui perhitungan pengendalian bahan baku dengan menggunakan metode Economic Order quantity (EOQ), serta menentukan jumlah pesanan yang optimal dan perioda pesanan yang harus dilakukan guna meminimasi besarnya jumlah biaya persediaan. Hasil perhitungan pengendalian persediaan dengan menggunakan metode EOQ, perusahaan akan dapat mengetahui berapa banyak jumlah barang yang akan dipesan dengan jumlah persediaan yang optimal dengan tingkat pemesanan yang paling ekonomis, serta waktu pemesanan bahan baku kembali dapat diketahui dengan baik. Dari hasil perhitungan EOQ, didapat bahwa jumlah pemesanan ekonomis yang dapat dilakukan perusahaan sebesar 12,18 meter untuk sekali pesan dengan frekuensi pemesanan sebanyak 2 kali pesan dalam setahun dan persediaan pengamanan (safety stock) sebesar 8,41 meter, kemudian dalam tempo 182 hari perusahaan harus melakukan pemesanan kembali bahan baku tersebut. Titik pemesanan 12,18 meter merupakan titik pemesanan yang paling ekonomis dengan total biaya keseluruhan bahan baku sepatu NIKE paling minimal yakni $69,002 per tahun sedangkan bila dibandingkan dengan metode perusahaan didapat total biaya persediaan yang cukup tinggi sehingga tidak optimal untuk diterapkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 07 015
Call Number: STI/07/044 YUS p
NIM/NIDN Creators: 01602-009
Uncontrolled Keywords: PENGENDALIAN PERSEDIAAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Apr 2008 10:01
Last Modified: 05 Jun 2017 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30901

Actions (login required)

View Item View Item