Daya tarik unsur visual kemasan perdana esia dgn minat beli konsumen (survey warga RW.05 komplek taman alfa indah 31 mei 2007 s/d 4 juni 2007

taurat, Noor (2007) Daya tarik unsur visual kemasan perdana esia dgn minat beli konsumen (survey warga RW.05 komplek taman alfa indah 31 mei 2007 s/d 4 juni 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)

Abstract

ABSTRAKSI NOOR TAURAT (04300-053) HUBUNGAN DAYA TARIK VISUAL KEMASAN PERDANA ESIA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN Vii + 5 BAB + 67 Halaman + 12 Lampiran + 28 Acuan (1985-2006) + Bibliografi Daya tarik visual kemasan adalah salah satu faktor terpenting dalam menunjang sebuah kemasan. Kemasan yang memiliki nilai yang baik dapat membangkitkan perhatian serta keinginan dan selera konsumen untuk memiliki yang pada akhirnya timbulnya minat beli pada konsumen dan tahap selanjutnya yaitu dengan pembelian suatu produk Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah S-O-R yang dikembangkan oleh De Fleur. Teori ini menjelaskan bahwa efeck merupakan reaksi tertentu terhadapstimulus (rangsang) tertentu. Teori yang kedua adalah dengan menggunakan AIDCA, digunakan melihat bagaimana hubungan daya tarik kemasan dan minat beli konsumen. Sehingga didalam proses komunikasi tersebut kemasan sebagai media yang melekat pada sebuah produk dalam menyampaikan pesannya memiliki daya tarik visual tersendiri yang mengacu pada penampilan luar kemasan mencakup warna, bentuk, merek, ilustrasi, teks/typografi, tata letak merupakan suatu kekuatan yang mampu mengarahkan keinginan konsumen untuk membeli. Penelitian ini bersifaf Eksplanatif, yaitu suatu penelitian yang didefinisikan untuk mencari hubungan, dengan menggunakan metode survei bertujuan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keteranganketerangan secara faktual. Sample adalah warga Kompleks Taman Alfa Indah RW 05 yang berjumlah 1908 jiwa dan yang menjadi sampel sebanyak 95 responden yaitu remaja, dewasa dan orang tua berusia 17-36 tahun merupakan target audience dari Esia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Adapun hasil penelitian ini dengan menggunakan Pearson Correlation menunjukan adanya hubugan yang cukup berarti (r xy = 0,514 antara hubungan daya tarik visual kemasan Perdana Esia ( x ) dengan minat beli ( y ).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 07 045
Call Number: SK/07/163 TAU a
NIM/NIDN Creators: 04300-053
Uncontrolled Keywords: visual
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Apr 2008 15:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30831

Actions (login required)

View Item View Item