Strategi redaksi dalam menentukan berita pada program Headline news di METRO TV (Periode Mei 2006)

Mariani, Rini (2007) Strategi redaksi dalam menentukan berita pada program Headline news di METRO TV (Periode Mei 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

ABSTRAKSI Pada awal siaran percobaan Metro TV, Sabtu 25 November 2000, Headline News telah dipersiapkan sebagai salah satu program berita andalan Metro TV. Hal tersebut diperkuat dengan pemilihan title/judul program yang berarti berita-berita teratas yang penting untuk segera disampaikan (Headline News). Oleh karena itu penulis tertarik untuk memilih Headline News sebagai obyek penelitian terutama dalam strategi penentuan berita yang akan ditayangkan. Headline News berdurasi sangat singkat, hanya lima menit. Akan tetapi mampu berisi berita-berita paling kini yang disajikan setiap jam dan berperan sebagai pengingat waktu (Time Signal). Audience Profile Headline News adalah golongan ekonomi menengah ke atas (kelas AB), dengan spesifikasi pria usia 35-44, pekerja swasta/profesional, serta lulusan Universitas atau Akademi. Tipe penelitian adalah pilihan model penelitian yang memberi suatu gambaran keseluruhan tentang tujuan penelitian. Penulis dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian Deskriptif Kualitatif, metode penelitian adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data primer (Indepth interview) dan data sekunder (Literature/Pustaka). Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi penentuan berita Headline News berdasarkan berdasarkan kelayakan berita seperti unsur Kedekatan (Approximately), Jangkauan (Size), Baru (Actual), Penting (Prominance), Kebijakan (policy), Konflik, serta unsur Kemanusiaan (Human interest). Pemilihan berita dalam Headline News juga didasari dengan kebijakan keredaksian Metro TV, yaitu unsur berita-berita Faktual, Obyektifitas, Proporsional, Cover Both Sides, dan Check and Recheck. Tim Redaksi Metro TV dalam menentukan pilihan berita dalam Headline News menggunakan teori Agenda Setting, yaitu menyusun prioritas topik yang akan mempengaruhi perhatian audience terhadap topik yang dianggap penting dari agenda topik lainnya. Ditujukan hanya pada tataran kognitif (Penyampaian informasi pada pemirsa). Tanpa menimbulkan opini ataupun mengarahkan pendapat pemirsa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 040
Call Number: SK/07/044 MAR s
NIM/NIDN Creators: 04103-007
Uncontrolled Keywords: STRATEGI REDAKSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Nov 2007 14:03
Last Modified: 05 Jun 2017 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30385

Actions (login required)

View Item View Item