Sistem peringatan dini pada kendaraan untuk menghindari terjadinya benturan/tabrakan dengan menggunakan sensor ultrasonic

Setiawan, Andi (2007) Sistem peringatan dini pada kendaraan untuk menghindari terjadinya benturan/tabrakan dengan menggunakan sensor ultrasonic. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Padatnya lalu lintas Jakarta yang merupakan pemicu banyaknya terjadi kecelekaan, hal ini disebabkan para pengemudi banyak yang menggabaikan jarak aman antar kendaraan pada saat mereka berada dijalan. Oleh karena itu agar terhindar dari kecelakaan pengemudi harus waspada dalam berkendaraan salah satunya yakni dengan tetap menjaga jarak aman antara kendaraan yang dibawanya dengan kendaraan disekitarnya. Salah satu cara dalam membantu pengemudi tetap waspada adalah dengan memasang alat peringatan pada kendaraan yang dapat memonitor jarak aman antar kendaraan dan memberikan respon peringatan bilamana kendaraan telah memasuki kondisi jarak yang tidak aman. Respon yang diberikan selain berupa nyalanya lampu peringatan berupa led berwarna kuning sebagai tanda waspada (jarak 1-2 meter) dan led berwarna merah sebagai tanda bahaya (jarak < 1 meter), perlu ditambahkan sebuah respon suara (buzzer) pada saat kendaraan memasuki zona bahaya (jarak < 1 meter). Modul ini menggunakan Sensor Ultrasonik yang terdiri dari Transmitter (Tx) dan Reciever (Rx), modul system bekerja bilamana : Transmitter (Tx) dan Receiver (Rx) dipasang pada jarak 5 cm, sudut deteksi benda berada pada rentang 80°- 100° dan modul ini memiliki kesalahan pengukuran (error) sebesar 2,98 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 088
Call Number: STI/07/020 SET s
NIM/NIDN Creators: 0140311-010
Uncontrolled Keywords: SISTEM PERINGATAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Oct 2007 13:30
Last Modified: 05 Jun 2017 02:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30245

Actions (login required)

View Item View Item