Customer retention marketing di perusahaan jasa telekomunikasi seluler PT Indosat utk mempertahankan pelanggan post paid di wilayah jabodetabek periode februari - juni 2008

Pradipta, Andika (2008) Customer retention marketing di perusahaan jasa telekomunikasi seluler PT Indosat utk mempertahankan pelanggan post paid di wilayah jabodetabek periode februari - juni 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ANDIKA PRADIPTA (4430401-001) Customer Retention Marketing di Perusahaan Jasa Telekomunikasi Seluler, PT. Indosat, Tbk untuk Mempertahankan Pelanggan Post Paid di Wilayah Jabotabek Periode Februari-Juni 2008 xi + 74 hal; 6 gambar; 10 lampiran Bibliografi : 22 acuan (1999 – 2008) Kata Kunci : Customer Retention Marketing Perusahaan-perusahaan telah memahami bahwa pelanggan adalah asset penting bagi kelangsungan usaha mereka. Perusahaan akan berusaha untuk mempertahankan konsumennya, karena mereka menyadari bahwa biaya untuk menarik pelanggan baru lebih tinggi daripada mempertahankan repeat customer, dan juga hasil yang diperoleh dari seorang konsumen yang loyal lebih tinggi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi seluler, PT Indosat, Tbk menghadapi persaingan yang begitu ketat di sektor usaha tersebut. Demi mempertahankan pelanggannya, PT Indosat, Tbk merasa perlu untuk menerapkan strategi Customer Retention Marketing (CRM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan CRM di PT Indosat, Tbk untuk mempertahankan konsumen produk post paid di wilayah Jabotabek pada periode Februari-Juni 2008. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Locking Loyalty yang diambil dari buku Hermawan Kartajaya, Boosting Loyalty Marketing Performance. Dengan fokus penelitian pada 4 elemen manfaat; Customer Intimacy, Community, Buzzing, dan Emotionalization. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Peneliti menyajikan gambaran maupun uraian mengenai pelaksanaan strategi CRM sebagaimana adanya yang didapatkan dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini membahas implementasi CRM yang dilakukan oleh Indosat untuk mempertahankan pelanggan produk postpaidnya. Penerapan CRM pada PT Indosat, Tbk dilaksanakan oleh departemen Postpaid Retention Management. Pelayanan yang diberikan oleh departemen ini lebih banyak berupa treatment-treatment untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan baik itu dalam bentuk penyelenggaraan event, pemberian potongan harga pada merchant yang bekerjasama dengan Indosat, pemberian apresiasi perusahaan kepada pelanggan, dan lainnya. Dengan maksud untuk membina hubungan sebaik mungkin dengan pelanggan, memberikan mereka rasa senang dan nyaman selama bergabung dengan Indosat. Wilayah Operasional yang terlalu luas mengakibatkan kurang efektifnya pelayanan bagi pelanggan, sehingga disarankan agar wilayah kerja dibagi lagi menjadi lebih sempit agar perusahaan akan menjadi lebih dekat dengan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 071
Call Number: SK/09/232
NIM/NIDN Creators: 4430401-001
Uncontrolled Keywords: Customer retention marketing, jasa telekomunikasi seluler, PT Indosat, pelanggan post paid
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:22
Last Modified: 11 Jun 2017 10:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item