Mekanisme produksi tayangan market review dan bisnis hari ini di metro tv (Periode Mei 2008)

Putri, Inne Alfiah (2008) Mekanisme produksi tayangan market review dan bisnis hari ini di metro tv (Periode Mei 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Mekanisme produksi berita merupakan salah satu cara yang harus dilakukan oleh tim produksi berita untuk menghasilkan suatu berita yang bermutu atau berkualitas. Banyak cara yang dilakukan agar suatu program berita dapat berjalan dengan baik dan lancar. Salah satunya adalah dengan berpegangan pada fungsi manajemen penyiaran, yaitu : Pelaksanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pelaksanaan (actuating) dan Pengawasan (controlling). Pada dasarnya, proses produksi sebuah tayangan berita di televisi merupakan mekanisme rumit yang melibatkan faktor internal media (seperti rutinitas organisasi media) sekaligus juga faktor eksternal di luar diri media. Oleh karena itu, permasalahan yang diteliti adalah bagaimana mekanisme produksi tayangan berita ekonomi Market Review dan Bisnis Hari Ini di Metro TV, sedangkan tujuannya adalah mengetahui mekanisme produksi tayangan berita ekonomi Market Review dan Bisnis Hari Ini di Metro TV terkait dengan empat fungsi manajemen tersebut periode Bulan Mei. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran mengenai komunikasi, komunikasi massa, televisi sebagai saluran media massa, manajemen penyiaran meliputi: Pelaksanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pelaksanaan (actuating) dan Pengawasan (controlling), tingkatan manajemen, berita dan berita ekonomi, nilai berita, proses produksi meliputi: praproduksi, produksi dan pasca produksi. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dengan melakukan wawancara dan observasi partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyajikan tayangan Market Review dan Bisnis Hari Ini dimulai dari kejelian memilih materi yang telah direncanakan dengan cara searching di internet dan membaca koran. Pemilihan narasumber yang sesuai dengan topik yang sedang hangat dan menarik, membuat kedua tayangan ini menjadi lebih berkualitas. Selain itu, membagi tayangan menjadi tiga segmen dan menempatkan berita sesuai dengan tingkat kepentingannya. Jadi, berita yang lebih penting ditempatkkan dalam headline berita, disusul dengan berita selanjutnya sesuai kadar kepentingan berita tersebut. Hal ini dilakukan agar mempermudah pemirsa untuk mengetahui plot atau alur dari tayangan Market Review dan Bisnis Hari Ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 056
Call Number: SK/09/266
NIM/NIDN Creators: 4410401-022
Uncontrolled Keywords: produksi tayangan, market review, bisnis, metro tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:22
Last Modified: 11 Jun 2017 10:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29121

Actions (login required)

View Item View Item