Penerapan strategi kreatif iklan cetak kartu seluler gsm di media harian kompas edisi september- oktober 2007 (Studi analisis isi iklan kartu seluler gsm di kompas)

R, Risqi Candra (2008) Penerapan strategi kreatif iklan cetak kartu seluler gsm di media harian kompas edisi september- oktober 2007 (Studi analisis isi iklan kartu seluler gsm di kompas). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Persaingan bisnis kartu seluler yang semakin ketat, para perusahaan penyedia layanan seluler di tuntut untuk menciptakan iklan yang kreatif. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan memperhatikan kemasan iklan yang menarik dari segi copywriting, maupun dari segi visual. Surat kabar harian KOMPAS merupakan media yang dianggap efektif oleh produsen untuk mempromosikan produknya, dengan pertimbangan skala surat kabar tersebut nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa penerapan strategi kreatif yang terdapat pada iklan kartu seluler GSM di surat kabar KOMPAS edisi bulan SEPTEMBER sampai dengan OKTOBER 2007. Periklanan sesungguhnya merupakan bagian dari sebuah proses komunikasi Harlod Laswell membicarakan proses komunikasi dibuat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yaitu Who, Say What, In Which Channel, To Whom, With What Effect. Metode penelitian yang paling sesuai untuk penelitian ini adalah metode analisis isi. Analisis isi adalah suatu penelitian yang menggunakan teknik penelitian untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematik dan kuantitatif. Bersifat kuantitatif karena dapat menggambarkan kesimpulan, mendeskripsikan hasil secara akurat. Disamping itu analisis isi bergantung pada tingkatan kategorisasi yang diformulasikan dengan jelas dan disesuaikan dengan masalah yang diteliti dan yang akan diuji. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa iklan kartu seluler GSM periode SEPTEMBER sampai dengan OKTOBER 2007, pada elemen copywriting menggunakan benefit headline, menggunakan subheadline, dan straight line copy. Pada elemen visual kategori ilustrasi menggunakan single out part of product the need emphasis, kategori teknik ilustrasi menggunakan photography dan drawing dengan persentase yang sama. Kategori warna iklan kartu seluler GSM menggunakan warna dominant. Kategori daya tarik pesan cenderung menggunakan daya tarik rasional/informasional. Keseluruhan pada penelitian penerapan strategi kreatif iklan cetak GSM pada surat kabar harian Kompas edisi September sampai dengan Oktober 2007 untuk kategori bodycopy sebaiknya menggunakan narrative copy, ilustrasi memakai show the product in use, teknik ilustrasi kombinasi, warna tema dan warna dominan harus dapat mencerminkan produk atau produsen sehingga dapat melekat erat dibenak konsumen/khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 088
Call Number: SK/09/267
NIM/NIDN Creators: 04303-028
Uncontrolled Keywords: strategi kreatif iklan cetak, kartu seluler gsm, media harian kompas, Studi analisis isi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jun 2017 05:24
Last Modified: 05 Jun 2017 05:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/29120

Actions (login required)

View Item View Item