Iklim komunikasi organisasi di PT. Berdikari (persero) Jakarta

Handayani, (2008) Iklim komunikasi organisasi di PT. Berdikari (persero) Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Suatu organisasi perusahaan yang hendak meningkatkan produktivitanya harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah suasana kerja yang nyaman dan harmonis. Suatu organisasi akan berhasil mencapai tujuannya bukan hanya memenuhi kebutuhan fisik dan materi saja bagi para pegawainya akan tetapi perusahaan juga harus mampu menciptakan iklim komunikasi yang baik. Oleh karenanya iklim komunikasi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi perilaku karyawan. Terpenuhinya gaji dan fasilitas yang cukup bukan satu-satunya penyelesaian, akan tetapi kebutuhan psikologis pegawai juga turut mempengaruhi kondisi di perusahaan, dimana para pegawai menuntut para pimpinan untuk menghargai, dan mengakui keberadaanya dalam perusahaan. Hal ini dapat tercipta bila iklim komunikasi yang berlangsung baik dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui tentang iklim komunikasi PT. Berdikari (Persero) Jakarta. Teori yang digunakan dalam menciptakan iklim komunikasi ini adalah dengan menggunakan teori Pace tentang menciptakan iklim komunikasi yang baik dimana terdapat dimensi kepercayaan, pembuatan keputusan partisipatif, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi, mendengarkann komunikasi ke bawah dan perhatian dan tujuan berkinerja tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yaitu penelitian ynag mengambil sample dari suatu populasi dan menggunakan kuestioner. Sebagai pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan penyebaran kuestioner. Kuestioner yang dibagikan keseluruh responden yang berjumlah 133 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklim komunikasi di PT. Berdikari (Persero) Jakarta cenderung ke arah Baik, dimana jawaban mayoritas pegawai terhadap dimensi iklim komunikasi adalah dominan setuju. Adapun saran yang penulis kemukakan adalah agar manajemen PT. Berdikari (Persero) Jakarta untuk lebih memperhatkan saran, ide dan aspirasi para pegawainya dalam menentukan sutu kebijakan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 099
Call Number: SK/09/295
NIM/NIDN Creators: 44206110065
Uncontrolled Keywords: Iklim komunikasi organisasi, PT. Berdikari
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:42
Last Modified: 11 Jun 2017 10:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28961

Actions (login required)

View Item View Item