Peran humas pengelola kawasan bintaro PT. Jaya Real Property,tbk dalam pelaksanaan program comrporate social responsibility (csr) periode 2007-2008

Resmi, Putri Nur Anggita (2008) Peran humas pengelola kawasan bintaro PT. Jaya Real Property,tbk dalam pelaksanaan program comrporate social responsibility (csr) periode 2007-2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Putri Nur Anggita Resmi (4420401-038) Peran Humas Pengelola Kawasan Bintaro–PT Jaya Real Property,Tbk Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Periode 2007-2008. xiii + 108 halaman: 10 lampiran Bibliografi : 25 Buku (2000-2007) Humas mempunyai peran yang penting di dalam suatu perusahaan, karena Humas merupakan pihak atau bagian yang senantiasa berhubungan dengan seluruh stakeholder perusahaan, baik internal maupun eksternal. Untuk menjaga agar hubungan tersebut dapat terbina dengan baik maka, Humas selalu membuat program-program bagi stakeholder-stakeholder tersebut. Dalam penelitian ini, program Humas ditujukan pada stakeholder eksternal yaitu melalui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Pada dasarnya, program tersebut bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar secara khusus dan masyarakat luas secara umum serta menghilangkan pandangan-pandangan yang negatif terhadap perusahaan. Untuk melaksanakan program-program CSR, sebaiknya seorang Humas dapat menjalankan perannya dengan baik. Adapun peran-peran Humas itu sendiri dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom. Peranperan Humas yang dimaksud meliputi; Teknisi Komunikasi, Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi, dan Fasilitator Proses Pemecahan Masalah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Penulis mengacu pada teori Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom. Sedangkan, untuk analisa datanya, penulis menggunakan teknik analisa kualitatif dan wawancara mendalam (indepth interview) sebagai teknik penggumpulan datanya. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan menganalisa data primer dan sekunder, dapat diketahui bahwa empat peran Humas menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom telah dijalankan oleh Humas Pengelola Kawasan Bintaro–PT Jaya Real Property, Tbk dalam pelaksanaan program CSR, namun tidak semua keempat peran tersebut diimplementasikan. Hanya terdapat satu peran dominan yang dilakukan yaiu sebagai Penasehat Ahli, di mana Humas merencanakan program tersebut dengan mengacu pada skala prioritas hingga melakukan evaluasi di setiap akhir program dalam bentuk survey langsung dan pemberian Quesioner kepada peserta pelatihan AC.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 052
Call Number: SK/09/294
NIM/NIDN Creators: 4420401-038
Uncontrolled Keywords: Peran humas, pengelola kawasan bintaro PT. Jaya Real Property, pelaksanaan program, corporate social
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Jun 2017 10:42
Last Modified: 11 Jun 2017 10:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item