Hubungan tayangan iklan dr kayama dari video call thd minat beli pengunjung di supermall karawaci

Firdaus, Dani (2008) Hubungan tayangan iklan dr kayama dari video call thd minat beli pengunjung di supermall karawaci. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Seiring dengan perubahan zaman, media sebagai alat bantu komunikasi selalu mengalami perkembangan pesat dari segi bentuk, kegunaan atau fungsi, kemampuan, jangkauan dan kompleksitas pendukungnya. Hal ini berimplikasi terhadap pengiklan untuk melakukan kegiatan komunikasi yang disesuaikan dengan analisis khalayak dan tujuan akhir yang akan dicapai, yaitu membujuk konsumen untuk membeli. Dilatarbelakangi hal tersebut, DR Kayama sebagai pengiklan yang menjual produk kecantikan memanfaatkan Video Wall sebagai media periklanan inovatif untuk mempromosikan produknya secara gencar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada hubungan terpaan iklan DR Kayama dari Video Wall terhadap minat beli pengunjung di Supermal Karawaci. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R (Stimulus, Organisme, Respon). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak menerima rangsangan yang disampaikan melalui media yang mempunyai respon berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Teori ini merupakan dasar teori jarum hipodermik, dimana media dipandang sebagai obat yang disuntikkan kepada khalayak lalu akan bereaksi seperti yang diharapkan. Selain teori S-O-R, digunakan juga teori Customer Processing Model, yang menjelaskan bahwa setiap khalayak akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap pesan dari media. Hal ini dikarenakan perbedaan dalam karakteristik yang dimiliki oleh setiap individu, sehingga tanggapan dari setiap individu terhadap suatu pesan dirubah sesuai dengan pengalaman dan pemikirannya. Sifat penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode penelitian ini adalah metode survey, yaitu penelitian yang sifatnya, baik praktis maupun teoritis untuk mengumpulkan data dengan teknik kuesioner. Populasi data penelitian ini adalah pengunjung Supermal Karawaci yang datang ke area foodcourt yang pernah menonton iklan DR Kayama dari Video Wall yaitu sebanyak 98 responden. Sedangkan teknik samplingya dengan menggunakan accident sampling (sampel diambil secara kebetulan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa hubungan variabel tayangan iklan DR Kayama dari Video Wall (X) dengan variabel minat beli (Y), berada pada tingkatan hubungan yang sedang. Dan dari hasil perhitungan SPSS didapat kontribusi 0,578, artinya tayangan iklan DR Kayama dari Video Wall mempunyai kontribusi 33,4% terhadap minat beli pengunjung di Supermal Karawaci.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 078
Call Number: SK/08/134
NIM/NIDN Creators: 04302-009
Uncontrolled Keywords: tayangan iklan, video call, minat beli pengunjung
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jan 2009 13:25
Last Modified: 05 Jun 2017 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28851

Actions (login required)

View Item View Item