Analisa perbandingan sifat mekanis dan struktur mikro material batang piston pada sepeda motor Y (2 tak) thd sepeda moto H (4 tak)

Alatas, Muhammad Ali (2008) Analisa perbandingan sifat mekanis dan struktur mikro material batang piston pada sepeda motor Y (2 tak) thd sepeda moto H (4 tak). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Batang piston (connecting rod) merupaka salah satu komponen yang digunakan pada mesin baik yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar. Dimana batang piston (connecting rod) diruang pembakaran dan bergerak naik turun untuk melakukan kerja dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB) serta melakukan kompresi, maka batang piston rentan terhadap kerusakan. Untuk mengetahui lebih lanjut karekteristik, sifat kekerasan, struktur mikro dan komposisi bahan dari batang piston tersebut dengan melakukan penelitian pada batang piston sepeda motor Y (2 tak) dan sepeda motor H (4 tak). Pengujian yang mendasari dari penelitian ini meliputi pengujian komposisi kimia (spectrometry), pengujian kekerasan dan pengamatan metalografi. Berdasarkan dari data hasil pengujian komposisi kimia didapat material uji dapat dikelompokan jenis baja karbon sedang (Medium Carbon Steel). Dari hasil penelitian diperoleh nilai kekerasan pada batang piston awal HV= 400.95 kgf / mm2 dari batang piston sepeda motor Y (2 tak), HV = 477,44 kgf / mm 2 untuk batang piston sepeda motor H (4 tak). Hasil kekerasan pada batang piston quenching oli * Kekerasan tertinggi sebesar HV K1= 378,8 kgf/mm2 pada temperatur T= 100 0C Dan kekerasan terendah HV K3= 288.39 kgf/mm2 pada temperatur T=700 0C pada batang piston sepeda motor Y (2 tak). * kekerasan tertinggi sebesar HV S1= 451,02 kgf/mm2 pada temperatur T=100 0C dan kekerasan terendah HV S3= 304,27 kgf/mm2 pada temperatur T=700 0C pada batang piston sepeda motor H (4 tak). Dilihat dari hasil pengamatan metalografi terlihat batang piston sepeda motor Y (2 tak) adanya ( plathing ) dan juga terlihat pada batang piston sepeda motor H (4 tak) adanya ( karborizing ) dan terdapat struktur mikro martensit temper, austenit sisa dan ferit.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 08 135
Call Number: STI/08/148
NIM/NIDN Creators: 01301-076
Uncontrolled Keywords: sifat mekanis, struktur mikro material batang piston pada sepeda motor Y (2 tak)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jan 2009 09:15
Last Modified: 05 Jun 2017 01:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item