Sahid, (2008) Analisa terjadinya korosi pada pegas katub motor continental IQ-550 pada pesawat beechcraft baron B-58 di UPT Balai Kalibrasi fasilitas penerbangan Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
files689760692755.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
Abstract
ABSTRAK ANALISA TERJADINYA KOROSI PADA PEGAS KATUP MOTOR CONTINENTAL IO-550 PADA PESAWAT BEECHRAFT BARON B-58 DI UPT. BALAI KALIBRASI FASILITAS PENERBANGAN INDONESIA. Tugas akhir, jakarta :Universitas Mercu Buana, Agustus 2008. Korosi merupakan musuh bagi pesawat dan motor pesawatyang harus dihindaei karena dapat merusak komponen-komponen dari pesawat dan motor pesawat yang terbuat dari bahan logam yang mengandung unsur besi (ferros metal), kejadian ini sering terjadi pada pesawat yang jarang diterbangkan atau pesawat yang disimpan dalam periode waktu yang lama seperti halnya pada pesawat Beechraft Baron B-58 yang ada di UPT. Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Indonesia. Di daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi, kejadian korosi pada motor pesawat sering ditemukan pada bagian sekitar silinder setelah pesawat tersebut tidak dioperasikan atau diaktifkan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasi kejadian tersebut harus diambil langkah-langkah yang tepat sehingga kemungkinan terjadinya korosi dapat dicegah. Hal ini sangat penting bagi pesawat yang beroperasinya didaerah pantai atau daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi dan pesawat yang tidak diterbangkan lebih dari satu minggu. Korosi pada pegas katup motor piston dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan dari pegas sehingga dapat menimbulkan masalah yang lebih serius seperti patahnya pegas tersebut, dengan patahnya pegas tersebut maka dapat mengakibatkan terganggunya mekanisme kerja katup. Tugas akhir Universitas Mercu Buana 39 Perawatan dan sistem pelumasan yang baik sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya korosi pada motor. Fungsi pelumasan salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya korosi pada bagian motor seperti pegas katup. Pegas katup pada motor continental IO-550 yang digunakan pesawat Beechraft Baron B-58 di UPT. Balai Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Indonesia dilumasi dengan cara penyemprotan minyak pelumas yang berasal dari squirt nozzle, dimana apabila terjadi kebuntuan pada squirt nozzle yang diakibatkan adanya karbon maka untuk melumasi pegas katup hanya didapat dari uap minyak pelumas saja sehingga pada saat motor dengan jangka waktu yang lama tidak dioperasikan dapat mengakibatkan terjadinya kekeringan pada bagian pegas katup karena tidak terlindungi oleh minyak pelumas sehingga dapat berhubungan langsung dengan udara yang mengandung unsur oksigen dan uap yang dapat menyebabkan terjadinya korosi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/MSN. 08 009 |
Call Number: | STI/09/114 |
NIM/NIDN Creators: | 01301-095 |
Uncontrolled Keywords: | korosi, pegas katub motor continental IQ-550, pesawat beechcraft baron B-58, UPT Balai Kalibrasi, fa |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Dec 2008 13:08 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:27 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28591 |
Actions (login required)
View Item |