Strategi komunikasi pemasaran PT Bakrie Telecom dalam memasarkan produk CDMA Esia Tahun 2007

Sholihat, Aah (2008) Strategi komunikasi pemasaran PT Bakrie Telecom dalam memasarkan produk CDMA Esia Tahun 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI AAH SHOLIHAT (04303-046) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. BAKRIE TELECOM DALAM MEMASARKAN CDMA ESIA Tahun 2007 xiv + 83 halaman ; 37 Lampiran ; Bibliografi : 22 buku ( 1987-2005 ), 3 majalah, 1surat kabar, 4 sumber. Telekomunikasi seluler beberapa tahun belakangan ini menjadi industri yang paling bersinar pertumbuhannya. Ini tidak mengherankan karena semua pemain seluler begitu gencar menjaring konsumen dengan menawarkan tarif murah. Banyaknya produk baru seluler yang memiliki berbagai karakteristik produk yang sama membuat masyarakat dihadapkan dengan banyak pilihan produk seluler. Setiap perusahaan seluler terus berlomba-lomba menarik perhatian para konsumennya agar mau menggunakan produknya. Saat ini kebutuhan mesyarakat akan akses komunikasi sangatlah tinggi. Komunikasi dengan media fixed wireless phone, mobile phone, dan internet sudah bukan lagi suatu kebutuhan dari segelintir kelompok sosial saja, namun sekarang kebutuhan tersebut sudah menjadi kebutuhan semua masyarakat Indonesia. Melihat pangsa pasar masyarakat Indonesia, para operator telekomunikasi baik GSM maupun CDMA, melakukan berbagai kegiatan promosi yang sangat gencar untuk menarik pelanggannya. Tidak heran kalau akhir-akhir ini kita melihat perang tarif yang terjadi diantara para operator telekomunikasi. Dalam menghadapi persaingan khususnya dalam menarik pelanggan, diperlukan suatu strategi komunikasi pemasaran, hal inilah yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Pemilihan Esia sebagai objek penelitian penulis, dikarenakan perbedaan yang dimiliki Esia dibandingkan dengan operator yang lain,terlihat dari istilah yang digunakan Esia yaitu ”Talktime” dan slogan Esia yaitu ”Untung pakai Esia”. Berdasarkan hal diatas tujuan penelitian ini adalah ingin memberikan gambaran tentang strategi komunikasi pemasaran CDMA Esia. Hal yang harus diperhatikan dalam strategi komunikasi pemasaran dan sistem komunikasi pemasaran. Sebagai landasan dari penelitian ini digunakan teori System of Marketing Communication yang dikemukakan Chriss Fill dalam bukunya Marketing Communication (Frameworks, theories, and application), kemudian dari Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management (Milenium Edition), serta beberapa pemahaman teori strategi komunikasi pemasaran dari penulis lainnya. Strategi komunikasi pemasarannya dapat dilihat berdasarkan analisa SWOT dengan beberapa Indikatornya, yaitu Key Factor Analysis, Tujuan Pemasaran, STP, Unsur-unsur komsar, pelaksanaan komunikasi pemasaran dan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan para narasumber dari PT. Bakrie Telecom, serta menggunakan data-data yang diperoleh dari objek penelitian, internet,artikel, surat kabar, dan majalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran CDMA Esia telah berjalan dengan baik, salah satunya dari program Talktime yang dilaksanakan Esia berhasil mengubah persepsi masyarakat mengenai pengertian Talktime, hal ini dapat dilihat dari kesuksesannya dari peningkatan jumlah pelanggan Esia yang selalu meningkat secara signifikan diikuti dengan pendapatan yang diterima PT. Bakrie Telecom tiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 083
Call Number: SK/09/109
NIM/NIDN Creators: 04303-046
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, pemasaran, PT Bakrie Telecom, produk CDMA Esia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28516

Actions (login required)

View Item View Item