Analisa setting dan koordinasi rele setelah adanya penambahan NGR pada Trafo A/Y 20/6.3 KV 25 MVA di PT Tri Polyta Indonesia Tbk

Malau, Poltak LMB (2008) Analisa setting dan koordinasi rele setelah adanya penambahan NGR pada Trafo A/Y 20/6.3 KV 25 MVA di PT Tri Polyta Indonesia Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAK Energi listrik merupakan kebutuhan pokok dari suatu perusahaan untuk melakukan proses produksi. Keandalan dari suatu sistem kelistrikan dapat dinilai dari kemampuan dari sistem untuk tetap menyuplai beban bahkan saat terjadi gangguan di sistem dengan cara membatasi gangguan agar tidak meluas. Gangguan sistem tenaga listrik merupakan gangguan yang tak terelakan lagi sehingga untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengamanan yang salah satunya berfungsi untuk memisahkan bagian jaringan yang terganggu dari sistem. Setting koordinasi sistem pengaman pada jaringan distribusi teganggan menengah yang dialiri sumber dilakukan dengan cara mensetting rele pengaman yang terletak paling dekat dengan beban di bagian hilir kemudian dikoordinasikan keatas menuju rele pengaman yang semakin dekat dengan sumber pembangkit dibagian hulu. Akhir koordinasi sistem pengaman dapat dilakukan dengan menggambarkan kurva karakteristik masing-masing rele pengaman dari hasil perhitungan seting rele pengaman yang sesuai sehingga dapat ditentukan koordinasi sistem pengaman yang ada untuk melindungi sistem kelistrikan. Hal ini tidak lain untuk mencegah agar peralatan pengaman tidak salah operasi sehingga dengan mengetahui koordinasi sistem pangaman dapat digunakan untuk meningkatkan keandalan dari sistem pengaman pada pabrik PT. Tri Polyta Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 018
Call Number: STI/09/091
NIM/NIDN Creators: 0140312-002
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28504

Actions (login required)

View Item View Item