Respon khalayak thd tayangan iklan program formula 1 (F1) di global TV

Radityo, Dwi (2008) Respon khalayak thd tayangan iklan program formula 1 (F1) di global TV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Seiring dengan pesatnya perkembangan pertelevisian di Tanah Air, semakin terbuka lebar persaingan antara stasiun-stasiun televisi untuk menarik perhatian khalayak menonton program acara yang dimiliki oleh setiap stasiun televisi. Dalam hal ini Global TV mengiklankan programnya, yaitu Formula One. Di latar belakangi oleh hal tersebut, maka penulis mengangkat perumusan masalah respon khalayak terhadap iklan program Formula One di Global TV. Dengan tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui respon khalayak terhadap tayangan iklan program Formula One di Global TV. Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan teori S-O-R (stimulus, Organisme, Respon). Teori ini menjelaskan bahwa khalayak menerima rangsangan yang disampaikan melalui media yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Selanjutnya penulis menggunakan model Lavidge-Gary Steiner yang meliputi enam tahapan, yaitu kesadaran (awareness), pengetahuan (knowledge), menyukai (liking), memilih (preference), keyakinan (conviction), dan pembelian (purchase). Sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . sedangkan metode penelitian ini adalah metode survey, penelitian yang sifatnya baik praktis maupun teoritis untuk mengumpulkan data dengan teknik kuisioner. Dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Populasi penelitian ini adalah pengunjung acara nonton bareng di Click Cafe, Bintaro Sektor 9, Tanggerang yang pernah menonton iklan program F1 di Global TV dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 70 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa respon khalayak terhadap tayangan iklan program F1 di Global TV pada tahap kognitif yang terdiri dari tingkat kesadaran (awareness) dan tingkat pengetahuan (knowledge), memiliki respon tinggi terhadap tayangan iklan program F1 di Global TV. Artinya tayangan iklan program F1 di Global TV mendapat respon yang tinggi terhadap responden.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 038
Call Number: SK/09/075
NIM/NIDN Creators: 04301-032
Uncontrolled Keywords: Respon khalayak, tayangan iklan, program formula 1 (F1), global TV
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item