Hamdani, Tomy Muhammad (2008) Kajian rancangan desain billboard (Promo off air) program silat lidah di ANTV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Tomy Muhammad Hamdani (4440401-034) Kajian Rancangan Desain Billboard (Promo Off Air) Program Silat Lidah di ANTV (i-xiv + 89 Halaman; 23 Referensi 1986-2007; 2 Gambar; Lampiran; Biografi) Banyak media yang digunakan untuk beriklan, salah satunya adalah billboard. Di dunia pertelevisisan billboard merupakan salah satu bentuk media iklan yang digunakan untuk mempromosikan program-program acaranya kepada pemirsa. Promo program dibuat secara kreatif dan semenarik mungkin untuk menarik minat pemirsa agar menonton acara yang ditayangkan oleh stasiun itu sendiri. Dengan berbagai bentuk dan ukurannya, billboard akan mampu menarik perhatian publik terlebih lagi bila elemen-elemen desain seperti copywriting dan visual dirancang dengan desain yang baik serta disusun dengan pola layout yang disesuaikan dengan konsep iklan. Jika sebuah billboard dirancang dengan desain yang baik, maka tidak menutup kemungkinan akan diperoleh pesan billboard yang komunikatif, persuasif, dan artistik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah menemukan rancangan desain billboard program Silat Lidah yang komunikatif, persuasif, dan artistik untuk menundukung kampanye iklan di televisi ANTV. Perancangan desain ini mengacu pada konsep Sadjiman Ebdi Sanyoto, bahwa pada prinsipnya perancangan periklanan yang disusun secara tepat, komunikatif, bagus dan bernilai jual adalah dirancang dengan memperhatikan aspek media, aspek kreatif, dan aspek tata desain. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam atau depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan desain billboard program Silat Lidah yang komunikatif itu dilihat dari pesannya (judul program acara, hari dan jam tayang, dan stasiun televisi yang menayangkan) harus mudah dibaca dan dimengerti oleh target audiens, yang kedua desain billboard yang dibuat harus sesuai dengan target market-nya yaitu ibu-ibu atau wanita. Untuk rancangan desain billboard yang persuasif itu dilihat dari bentuk visual ilustrasinya seperti menampilkan foto-foto artisnya yang terlibat dalam program acara tersebut dan yang kedua adalah copywriting-nya yang sedikit menggelitik dan konyol. Untuk rancangan desain billboard yang artistik itu dilihat dari komposisi elemen-elemen desainnya seperti copywriting yaitu ungkapan-ungkapan para artisnya yang sedikit menggelitik dan konyol, ilustrasi yaitu foto-foto artisnya, tipografi yaitu huruf san serifnya, warna yaitu warna merahnya, yang seluruhnya itu harus ditata secara seimbang, berirama, menyatu, serasi, sederhana, dan jelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/KV. 08 003 |
Call Number: | SK/09/055 |
NIM/NIDN Creators: | 4440401-034 |
Uncontrolled Keywords: | desain billboard |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Dec 2008 13:07 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 04:46 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28321 |
Actions (login required)
View Item |