Etika periklanan dalam iklan otomotif (Studi kasus pelanggaran etis iklan pada iklan otomotif oli top one periode tahun 2004 di majalah Swa

Rahmana, Affan (2008) Etika periklanan dalam iklan otomotif (Studi kasus pelanggaran etis iklan pada iklan otomotif oli top one periode tahun 2004 di majalah Swa. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI AFFAN RAHMANA [ 04301 – 111 ] ETIKA PERIKLANAN DALAM IKLAN OTOMOTIF “Studi Kasus Pelanggaran Etis Iklan Pada Iklan Otomotif Oli TOP ONE Periode Tahun 2004 di Majalah Swa” viii + 74 halaman + Lampiran Bibliografi : 21 buku (1961-2002) Salah satu produk otomotif seperti oli Top One menggunakan banyak jenis media promosi untuk mengkomunikasikan produk ini kepada masyarakat luas, mengingat oli Top One ini merupakan salah satu brand yang cukup besar di Indonesia. Media promosi yang digunakan oli Top One salah satunya adalah majalah Swa. Pemakaian majalah Swa oleh oli Top One sebagai media sarana promosi dinilai sebagian kalangan isinya melanggar etika periklanan. Salah satu yang menganggap demikian adalah dari salah satu pesaing produk sejenis, yaitu Penzoil melalui Advertising Agency nya PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia telah menyampaikan keberatannya atas iklan cetak oli Top One di majalah Swa kepada Badan Pengawas Periklanan. Berdasarkan hal tersebut maka masalah pokok yang diteliti adalah bagaimana etika periklanan dalam iklan otomotif oli Top One periode tahun 2004 di majalah Swa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis studi kasus (case study). Hasil penelitian diperoleh berdasarkan wawancara mendalam (indepth interview) dengan empat orang key informan dari PPPI dan praktisi periklanan. Dari penelitian ini berhasil ditarik suatu kesimpulan bahwa Iklan otomotif oli Top One periode tahun 2004 di majalah Swa melanggar etika periklanan yang mencakup lima hal yang tercantum dalam Tata Cara dan Tata Krama Periklanan Indonesia. Kelima pelanggaran tersebut adalah Tata Krama nomor 1.2 sub 1.2.2 tentang Bahasa, nomor 1.4 Penggunaan Kata "Satu-satunya", nomor 1.19 tentang Perbandingan, nomor 1.21 tentang Merendahkan, dan nomor 1.21 tentang Istilah Ilmiah dan Statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 077
Call Number: SK/09/052
NIM/NIDN Creators: 04301-111
Uncontrolled Keywords: Etika periklanan, iklan otomotif, Studi kasus, pelanggaran etis iklanf
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item View Item