Strategi personal selling produk jasa ( Studi kasus : jasa IT training PT Activindo system informatika )

Dala, Jeffri Roberto (2008) Strategi personal selling produk jasa ( Studi kasus : jasa IT training PT Activindo system informatika ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pada saat ini membuat PT. Mastersystem Infotama mendirikan suatu perusahaan training center yaitu PT. Activindo System Informatika yang mempunyai produk berupa jasa IT Training. Produk ini adalah jasa pemberian latihan atau pembelajaran untuk mengusai suatu software komputer. Untuk memudahkan jalanya penjualan produk IT training ini diperlukan strategi personal selling. Karena itu, pentingnya personal selling sebagai unsur utama dalam komunikasi pemasaran langsung, membuat peneliti memilih objek penelitian strategi personal selling pada produk jasa IT training PT. Activindo System Informatika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi personal selling pada produk IT training PT. Activindo System Informatika. Penelitian ini menggunakan konsep dari Churchil, Ford dan Walker (langkah-langkah proses personal selling) seperti Prospecting for customer (prospek teradap konsumen), Opening the relationship (pendekatan terhadap konsumen yang prospektif), Qualifying the prospect (kualifikasi konsumen yang prospektif), Presenting the sales message (presentasi mengenai manfaat produk), Closing the sales (kesepakatan akhir untuk pembelian), and Service the account (pelayanan pada konsumen). Sifat penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam terhadap dua orang nara sumber yaitu Ibu Herawati selaku General Manager merangkap Sales Manager dan Ibu Tina selaku staff sales perusahaan tersebut. Hasil penelitian yang didapat adalah dalam pelaksanaan strategi personal selling pada produk IT training ini, PT Activindo System Informatika melakukan langkah-langkah personal selling dari langkah penyaringan data, sales call, prospek, closing dan service terhadap konsumen. Tipe strategi pesonal selling yang digunakan PT. Avtindo System Informatika adalah Profesional, selain itu juga menggunakan jenis strategi penjualan tenaga penjual ke pembeli dan jenis kelompok penjual ke kelompok pembeli.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 073
Call Number: SK/09/028
NIM/NIDN Creators: 04301-054
Uncontrolled Keywords: Strategi personal selling, produk jasa, Studi kasus, jasa IT training, PT Activindo system informati
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28235

Actions (login required)

View Item View Item