Strategi ANTV dalam memproduksi program talk show silat lidah periode bulan April - Juni 2008

Dewi, Dian Puspa (2008) Strategi ANTV dalam memproduksi program talk show silat lidah periode bulan April - Juni 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Setiap tahun, semua stasiun televisi seolah berlomba menayangkan program unggulannya. Di tahun 2007 antv menghadirkan program talk show yang berbeda dengan stasiun televisi lainnya yaitu Silat Lidah. Selama periode tahun 2008, program talk show Silat Lidah menampilkan format baru dengan panelispanelis yang lebih beragam sehingga Silat Lidah di tahun ini memberikan suasana yang lebih hidup. Talk show pada dasarnya adalah kombinasi antara “seni berbicara dan seni wawancara”. Setiap orang pasti pandai berbicara. Talk show didefinisikan sebagai ketrampilan menyajikan perbincangan bertopik serius. Konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan mengemukakan pendapat Onong Uchjana Effendy bahwa strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai tujuan. Jadi, pengertian strategi antv dalam memproduksi program talk show Silat Lidah periode Bulan April-Juni 2008 adalah suatu perencanaan dan manajemen komunikasi yang dapat menciptakan suatu program talk show yang dihasilkan melalui proses produksi. Didasari oleh latar belakang tersebut, peneliti mencoba untuk menganalisa Strategi antv dalam memproduksi program talk show Silat Lidah periode Bulan April-Juni 2008. Strategi produksi yang akan diteliti pada dasarnya terbagi dalam dua tahap, yaitu perencanaan (planning) dan pelaksanaan (management). Bagaimana proses kegiatan strategi produksi dilaksanakan, dimulai dari tercetusnya ide program, penentuan topik, panelis, dan Host, perencanaan budget yang dikeluarkan, crew yang terlibat, setting studio, hingga pada tahap pelaksanaan produksi di studio (taping) sampai dengan tahap terakhir yaitu editing. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam (indepth interview) dengan beberapa narasumber yang terkait langsung dengan produksi program Silat Lidah, antara lain: Eksekutif Produser, Produser, Host dan Editor. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh tim Silat Lidah dalam proses produksi dapat dikatakan berjalan dengan baik dan efektif, hal ini dapat dilihat dari kemampuan mereka untuk memproduksi program talk show Silat Lidah, dengan menjaga hubungan baik dan komunikasi yang baik antar tim.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 038
Call Number: SK/09/168
NIM/NIDN Creators: 0410312-019
Uncontrolled Keywords: Strategi ANTV, produksi program, talk show
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Nov 2008 18:43
Last Modified: 05 Jun 2017 06:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27949

Actions (login required)

View Item View Item