Strategi komunikasi eksternal thd peningkatan reputasi di International Language Programs Daan mogot baru

Lestiyo, Dwi Budi (2008) Strategi komunikasi eksternal thd peningkatan reputasi di International Language Programs Daan mogot baru. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Suatu perusahaan yang memiliki reputasi positif di masyarakat akan lebih diterima oleh publik. Humas memiliki peran yang sangat besar dalam berkomunikasi dengan publik, serta pembentukan dan peningkatan reputasi, karena reputasi yang baik merupakan prestasi yang hendak dicapai oleh perusahaan. Dalam mencapai tujuannya, pada tahun 2007, International Languange Programs (ILP) Daan Mogot Baru, menerapkan beberapa strategi komunikasi, internal dan eksternal. Opini publik yang mengatakan bahwa biaya kursus di ILP mahal dan materi ILP yang tidak membantu pelajaran bahasa Inggris sekolah menjadi permasalahan yang harus dipecahkan. Oleh karena itu ILP Daan mogot Baru perlu merencanakan strategi komunikasinya. Strategi komunikasi internal ILP Daan Mogot Baru dilakukan dalam bentuk penyampaian pelajaran di kelas dengan metode yang tepat oleh pengajar, penyampaian informasi dari customer service kepada siswa atau orang tua siswa. Sedangkan strategi komunikasi eksternal yang dilakukan seperti networking, kerjasama dengan media dan kegiatan sosial. Lembaga dan organisasi yang bekerjasama dengan ILP antara lain: beberapa sekolah di Kalideres dan Cengkareng, majalah Ad Info Cengkareng dan Mal Daan Mogot Baru. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang memperoleh data primer dengan cara wawancara mendalam secara langsung. Pengumpulan data sekunder diperoleh dengan studi kepustakaan dan observasi dokumentasi yang berkaitan dengan materi penelitian, seperti beberapa kegiatan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi eksternal terhadap peningkatan reputasi di ILP Daan Mogot Baru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, penulis membuat suatu analisa SWOT dimana kekuatan dan peluang ILP Daan Mogot Baru didukung oleh kualitas brand image, letaknya yang strategis dan materi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sedangkan problem dan ancaman yang dialami berkaitan dengan kompetitor yang beragam dan jumlah siswa yang turun pada masa ujian dan liburan sekolah. Dari keseluruhan data yang diperoleh, ditemukan kesesuaian teori tentang strategi komunikasi eksternal dengan kegiatan eksternal, dampak serta hasil yang diperoleh ILP Daan Mogot Baru. Strategi komunikasi eksternal yang dilakukan, memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan reputasi di ILP Daan Mogot Baru, yang salah satunya diindikasikan dengan terus meningkatnya jumlah siswa dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 145
Call Number: SK/09/159
NIM/NIDN Creators: 44205110042
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi eksternal, peningkatan reputasi, International Language Programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2008 15:34
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27808

Actions (login required)

View Item View Item