Persepsi stakeholders thd logo baru LPEM FEUI

Ariyani, Asia (2008) Persepsi stakeholders thd logo baru LPEM FEUI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ASIA ARIYANI 44305110009 PERSEPSI STAKEHOLDERS TERHADAP LOGO BARU LPEM FEUI xiii halaman + 77 halaman ; 28 tabel Bibliografi : 19 buku (1983-2007); 3 artikel Komunikasi pertama yang sampai ke benak masyarakat dari sebuah perusahaan adalah bentuk simbol yang bernama logo. Awal mula perubahan logo baru ini adalah pada saat dimulainya otonomi kampus pada tahun 2000. Dengan diberlakukannya otonomi kampus, maka setiap fakultas dan lembaga diberikan kebebasan untuk mengatur dirinya sendiri. Kebijakan tersebut menjadikan LPEM FEUI terlahir kembali dan membentuk citra baru. Dalam ilmu komunikasi, bentuk, warna, garis grafis, simbol dan ukuran yang terdapat dalam sebuah logo memberikan pengaruh psikologis yang sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi stakeholders terhadap logo baru LPEM FEUI. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek komunikasi yaitu proses kegiatan manusia yang diungkapkan melalui bahasa lisan maupun tulisan, gambar, isyarat, bunyi, dan bentuk kode lain yang mengandung arti dan dimengerti oleh orang lain. Persepsi adalah sebuah proses dimana individu menjadi sadar akan segala sesuatu dalam lingkungan melalui indera yang dimiliki seperti pendengaran dan penglihatan. Stimulus tersebut diterima sebagai sebuah objek, pengalaman, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan-pesan yang terpapar. Penelitian ini menggunakan sifat penelitian deskriptif yaitu hanya memaparkan situasi atau peristiwa yang diperoleh dari data-data dan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah survey, yaitu penelitian yang mengambil sample dari suatu populasi dan menggunakan questioner sebagai pengumpulan data yang dipresentasikan ke dalam bentuk tabel yang kemudian dianalisa. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah stakeholders LPEM FEUI. Dimana populasi pada penelitian ini berjumlah 1800 orang, jumlah ini adalah jumlah stakeholders yang pernah menggunakan jasa diklat LPEM FEUI. Sample yang diambil sebanyak 100 orang, dan penarikan sample menggunakan rumus Yamane. Hasil penelitian ini menunjukkan 94 stakeholders memiliki pengetahuan yang baik mengenai LPEM FEUI. Sedangkan 83 stakeholders mempunyai perhatian yang baik terhadap logo LPEM FEUI. Dan 68 stakeholders dapat menafsirkan logo baru LPEM FEUI. Berdasarkan penelitian diatas jika dilihat dari keseluruhan hasil yang diperoleh atas persepsi nasabah terhadap logo baru LPEM FEUI positif, karena jumlah nilai yang dihasilkan responden berada pada tingkat nilai yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 072
Call Number: SK/09/153
NIM/NIDN Creators: 44305110009
Uncontrolled Keywords: stakeholders, logo baru, LPEM FEUI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2008 13:44
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27802

Actions (login required)

View Item View Item