Pancharini, Widayanti (2008) Efektivitas fungsi intranet sbg pusat informasi karyawan call center PT Indonesia Airasia (IAA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Widayanti Pancharini Efektivitas intranet sebgai pusat informasi karyawan call center PT. Indonesia Airasia Jakarta 5 bab + 101 halaman + 12 lampiran Bibliografi : 27 acuan (1977 – 2008) dan 8 situs Teknologi komunikasi dalam hal ini intranet, mempunyai pengaruh besar bagi karyawan dalam menyampaikan informasi mengenai perusahaan. Hal ini dijadikan oleh Public Relations Officer untuk menggunakannya sebagai salah satu media informasi pengganti buletin atau mading. Untuk menciptakan komunikasi secara langsung dan cepat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai sejauh mana efektivitas intranet sebagai pusat informasi karyawan call center PT. Indonesia Airasia. PT. Indonesia sebagai objek penelitian, merupakan salah satu dari banyaknya perusahan yang menerapkan system komunikasi internal dalam system organisasinya, tentunya harus memiliki hubungan yang baik dengan public internalnya. Kegiatan ini dilakukan agar dapat memberikan informasi mengenai kegiatan perusahaan dan keadaan perusahaan saat ini ssecara up-to date kepada karyawan khususnya karyawan lini depan dari perusahaan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif survey dimana data penelitian berasal dari objek yang menyatakan opini, sikap, pandangan, pengalaman, dan penelitian karakteristik tetentu secara individual. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna intranet di call center, yaitu sebanyak 100 orang. Peneliti menggunakan total sampling untuk menentukan jumlah sample yang akan diteliti. Teknik analisa data menggunakan skala likert. Skala ini terdiri atas sejumlah pernyataan yang semuanya menunjukkan sikap terhadap suatu objek tertentu atau menunjukkan cirri tertentu yang akan diukur. Instrument penelitian yang berisi skala ini, diisi oleh responden dengan memilih salah satu tanggapan yang sudah disediakan, jumlah item pertanyaan dalam kuesioner terdiri dari 31 butir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa intranet PT. Indonesia AirAsia efektif dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat informasi di PT. Indonesia Airasia khususnya divisi call center.hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan seluruh responden pada tiap indicator yang menyatakan hasil rata-rata adalah efektif. Walaupun pada tiap indicator menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Manfaat bagi seorang Publik Relations dengan adanya intranet adalah dapat menjadi penghubung antara karyawan dengan manajemen dengan lebih akurat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 100 |
Call Number: | SK/09/152 |
NIM/NIDN Creators: | 44205120058 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas fungsi intranet, pusat informasi karyawan, call center, PT Indonesia Airasia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Nov 2008 13:32 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 04:24 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27801 |
Actions (login required)
View Item |