Soecipto, Diana A. (2007) ANALISIS KERJASAMA PT AMWAY INDONESIA DAN PT USAHA KITA MAKMUR INDONESIA DALAM MEMASARKAN PRODUK UKMWAY. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
Text (Thesis Full)
ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Krisis ekonomi yang melanda dunia pada periode tahun 1997 telah membuat kondisi perekonomian berubah dalam sekejap setelah puluhan tahun ditata dan dibangun. Banyak perusahaan besar di Asia bangkrut dan mengalami kesulitan keuangan, tidak terkecuali Indonesia Penyebab kurang cepatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dibanding negara lain di Asia adalah masih kurang/sedikitnya pelaku ekonomi yang independen atau enterpreneur, seperti pengusaha, pedagang dan lain-lain. Oleh karenanya diperlukan suatu perubahan, terobosan, atau reformasi yang dapat menggerakkan orang-orang untuk mau menjadi pelaku ekonomi. Multi level marketing (MLM) atau direct selling (DS) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dianggap sebagai penyelamat perekonomian Indonesia di masa krisis sebagai alternatif bisnis. Salah satu dari perusahaan MLM/DS tersebut adalah PT Amway Indonesia. Metode yang dilakukan adalah dengan mengandalkan Kekuatan jaringan pemasaran yang dilakukan oleh para Independen business owner (IBO). Sebagai bentuk kepedulian Perusahaan kepada lingkungannya, Amway Indonesia melakukan kerjasama dengan perusahaan yang berbasis pada Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Petani, untuk memberikan kepastian pasar dalam memasarkan produknya dan untuk bisa lebih bersaing lagi di pasar yang lebih luas. Produk yang dijual melalui jaringan ini dikenal dengan nama UKMWAY. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang gambaran bagaimana pendapat/opini IBO dalam melihat bentuk kerjasama antara PT Amway Indonesia dan PT UKMI dilakukan secara keseluruhan, sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi, apakah produk ini dapat dikembangkan menjadi lebih besar dimasa depan. Kesimpulan dari Penelitian ini misi sosial atau CSR yang terkadung dalam produk ini telah diketahui oleh mayoritas IBO. Selain itu produk yang ada juga telah memenuhi sebagian kebutuhan mereka. Pola konsumsi IBO terhadap produk UKMWAY didasarkan hanya pada kualitas produk saja, namun ditentukan oleh harga yang ditawarkan, pengeluaran untuk membeli produk UKMWAY serta semua informasi produk didalamnya. Kepuasan IBO terhadap produk UKMWAY tidak cukup hanya diukur dari kualitas saja namun juga dari keuntungan yang diterima oleh IBO. Secara keseluruhan IBO Amway sangat loyal terhadap produk yang ditawarkan. Kinerja marketing IBO dapat dikatakan masih belum optimal. Hal ini ditunjukan dari hasil penelitian yang menyatakan IBO tidak yakin dengan peningkatan pendapatan mereka, apabila profit, harga yang ditawarkan dan jenis yang mereka dapatkan masih sangat minim Prospek produk UKMWAY dimasa depan menjanjikan dan masih mempunyai kesempatan yang sangat lebar. Dalam artian IBO sangat peduli akan unsur sosial dan karena produk merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang pasti akan selalu dicari. Namun misi sosial yang dibawa oleh produk UKMWAY belum mencapai sasaran ke IBO. Ini dilihat berdasarkan data yang terkumpul ternyata unsur CSR ini masih berada dibawah unsur kebutuhan dan kualitas. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi yang intensif kepada IBO mengenai keberadaan dan misi produk UKMWAY.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-07-028 |
Call Number: | TE/07/005 SOE a |
NIM/NIDN Creators: | 55105110055 |
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS KERJASAMA, msdm, manajemen sumber daya manusia |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 Feb 2008 14:36 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27592 |
Actions (login required)
View Item |