Implementasi strategi komunikasi pemasaran pd klinik DBC (documentation based care) RS Internasional Bintaro tahun 2007

Alberto, Yohanes Cindy (2009) Implementasi strategi komunikasi pemasaran pd klinik DBC (documentation based care) RS Internasional Bintaro tahun 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Judul Skripsi : Analisis efektifitas strategi komunikasi pemasaran Klinik DBC (Documentation Based Care) Rumah sakit Internasional Bintaro tahun 2007 Nama : Yohanes Cindy Alberto (04303-011) Bab / Halaman : V bab / 148 halaman Bagan / lampiran : 2 bagan / 6 lampiran Acuan : 22 Buku, 1 Kamus, 6 jurnal, 5 Sumber Lain-lain Tahun cetak / diterbitkan :1995 - 2007 Pembimbing : 1. SM Niken Restati, Msi 2. Berliani Ardha, Msi Strategi komunikasi pemasaran yang baik sangat penting demi tercapainya tujuan promosi yang ditelah ditentukan oleh pemasar. Strategi pemasaran tidak hanya dapat diimplemtasikan pada produk berwujud, namun juga pada produk jasa, yang memiliki karakteristik yang intangible atau tidak berwujud. Karakterisktik tersebut mengakibatkan adanya perbedaan dalam penggunaan atau pemilihan bauran promosi sesuai dengan tujuan promosi dari produk jasa tersebut. Hal tersebut yang mendorong minat penulis untuk meneliti “Implementasi strategi komunikasi pemasaran klinik DBC (Documentation Based Care) Rumah sakit Internasional Bintaro tahun 2007”. Klinik DBC adalah sebuah sarana pelayanan jasa kesehatan sebagai solusi untuk nyeri sekitar leher, bahu dan tulang belakang, Klinik DBC ini bertempat di RS Internasional Bintaro sebagai bagian dari kerjasama dengan DBC Internasional. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data adalah dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan narasumber yang terkait dengan objek dan juga melakukan studi dokumentasi dari data-data pada bagian marketing rumah sakit Internasional dan klinik DBC, yang kemudian hasilnya diproses sebelum siap digunakan malalui pencatatan dan penyuntingan. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Studi kasus. Sesuai dengan landasan teori stategi komunikasi pemasaran dari Chris Fill dan teori bauran komunikasi pemasaran jasa dari Christoper Lovelock, dari hasil penelitian ini menurut data dokumentasi mengenai jumlah pasien klinik DBC, ratarata jumlah pasien yang didapatkan klinik DBC perbulan adalah 250/12 = 20.8 atau sekitar 20 orang setiap bulannya. Jadi tujuan promosi klinik DBC tahun 2007, yang ditetapkan oleh departemen marketing yaitu peningkatan volume pasien perbulan 20 orang, ternyata tercapai. Dari berbagai alat komunikasi pemasaran klinik DBC, berdasarkan studi dokumentasi terhadap data survey pasien DBC ternyata melalui personal selling / personal communication yang dilakukan oleh para dokter, merupakan sumber informasi yang paling banyak diterima oleh pasien yaitu sebanyak 98 orang, dan brosur memberikan informasi kepada pasien sebanyak 59 orang. Selanjutnya kepuasan pasien ternyata memberikan dampak yang positif melalui word of mouth kepada pasien lain yaitu sebanyak 34 orang mengaku mendapatkan rekomendasi klinik DBC melalui kerabat, teman, ataupun pasien lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 002
Call Number: SK/09/393
NIM/NIDN Creators: 04303-011
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Jul 2009 09:19
Last Modified: 05 Jun 2017 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26376

Actions (login required)

View Item View Item