Strategi bauran promosi PT Bakrie Telecom Esia dlm menghadapi persaingan antar operator CDMA periode 2008

Sugianto, Anton (2009) Strategi bauran promosi PT Bakrie Telecom Esia dlm menghadapi persaingan antar operator CDMA periode 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Pertumbuhan telekomunikasi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini sudah sedemikian cepatnya. Banyaknya produk baru seluler yang memiliki berbagai karakteristik produk yang sama membuat masyarakat dihadapkan dengan banyak pilihan produk seluler. Iklim persaingan yang ketat di bisnis telekomunikasi memang memberikan berbagai pilihan bagi pelanggan. Setiap perusahaan seluler berlomba-lomba menarik perhatian para konsumennya agar mau menggunakan produknya. Saat ini kebutuhan akan komunikasi bagi masyarakat sangatlah tinggi, para operator telekomunikasi baik GSM maupun CDMA melakukan promosi yang sangat gencar untuk menarik pelanggannya. Dalam menghadapi persaingan dalam menarik pelanggan diperlukan strategi promosi untuk menghadapinya. Hal inilah yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori dari Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo yang terdapat dalam bukunya Pengantar Bisnis Modern, dimana di dalam buku tersebut digambarkan bahwa bauran promosi adalahkombinasi strategi yang paling baik dari variable-variabel periklanan, personal selling dan alat promosi yang lain, yang semuanya dirancangkan untuk mencapai tujuan program penjualan.. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus dan dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan nara sember serta menggunakan data-data yang diperoleh dari objek penelitian. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Bakrie Telecom Esia melihat serta memadukan secara keseluruhan dari tahapan-tahapan pada proses strategi bauran promosi dan lebih menentukan lagi yaitu pada proporsi elemen bauran promosi yang ada untuk meningkatkan penjualan produk esia. Kesimpulan yang muncul dari penelitian ini yaitu PT. Bakrie Telecom dalam meningkatkan penjualan produk esianya melalui media advertising, personal selling, sales promotion, public relation, direct marketing dan publicity. PT. Bakrie Telecom juga menggunakan strategi push and pull dalam strategi promosinya. Sebagai produk yang masih dianggap baru Esia diharapkan dapat melakukan strategi promosi yang lebih efektif lagi untuk menghadapi persaingan dalam mendapatkan pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 079
Call Number: SK/09/380
NIM/NIDN Creators: 04303-020
Uncontrolled Keywords: bauran promosi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jul 2009 09:16
Last Modified: 05 Jun 2017 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item