Lestari, Wahyu (2009) Upaya investor relations dalam mengelola reputasi PT energi mega persada tbk pasca dekonsolidasi lapindo brantas Inc. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Latar belakang masalah pemilihan judul dalam skripsi ini, bahwa terdapat fungsi PR yang lain dalam perusahaan, khususnya perusahaan terbuka ‘tbk’. Fungsi yang dijalankan PR akan berbeda apabila di dalam perusahaan Tbk, fungsi ini dijalankan oleh Investor Relations (IR). Dalam perusahaan Tbk, IR merupakan bagian dari kegiatan corporate communications yang khusus menangani kebutuhan informasi untuk publik dan kepentingan perusahaan dalam mengkomunikasikan sektor investasi dalam jumlah besar. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan IR dalam mengelola reputasi pasca adanya krisis melalui aktivitas yang dijalankan IR. Tinjauan pustaka menurut Agus Kertarto mengenai aktivitas IR dan Ronald D. Smith Strategic Planning For PR yaitu: Formative Research, Strategi dan Taktik Penelitian skripsi ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penulis ingin mengetahui aktivitas IR. Hal tersebut tidak dapat dilakukan dengan instrumen angka pada penelitian kuantitatif. Oleh sebab itu, penulis menggunakan teknik wawancara atau in depth interview sebagai teknik pengumpulan data. Objek penelitian dilakukan pada PT Energi Mega Persada Tbk sebagai perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang bergerak dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas yang dijalankan IR berhasil dilakukan untuk pengelolaan reputasi perusahaan pasca krisis. Keputusan dekonsolidasi yang diambil EMP sangat membuahkan hasil dalam segi finansial perusahaan, ini juga membuktikan bahwa IR EMP berhasil memanfaatkan peluang yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa, keberhasilan dari aktivitas yang dijalankan IR dapat dilihat dari hasil evaluasi yaitu (1)Jumlah publik yang hadir pada RUPS sebanyak 81,09%. (2)Jumlah pesan yang sampai kepada publik; sebanyak 10 newsrelease dimuat sejumlah 7 media yang mengangkat berita positif terhadap EMP (3)Jumlah analis yang memberi pandangan terhadap EMP; 80% analis memberikan pandangan positif terhadap EMP sehingga hasil ini dapat digunakan untuk mempersuasi publik agar membeli saham EMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 078 |
Call Number: | SK/09/369 |
NIM/NIDN Creators: | 44206110040 |
Uncontrolled Keywords: | investor relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 15:35 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26362 |
Actions (login required)
View Item |