Mukti, Gulfi Yoniar (2009) Persepi mahasiswa terhadap riset Televisi AC Nielsen (Survey terhadap Mahasiswa Broadcasting Program kelas karyawan fakultas komunikasi universitas Murcu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Salah satu dari kebutuhan manusia adalah komunikasi. Komunikasi bisa berjalan bila ada komunikator dan komunikan sebagai perwujudan penyampaian pesan, pesan diterima oleh komunikan dan komunikan melakukan respon sebagai timbal balik dan terjadilah komunikasi. Pada komunikasi massa, media massa sangat berperan dalam menciptakan komunikasi. Salah satu media massa yang sangat populer dan sarat informasi adalah televisi. Oleh karena itu sangat penting adanya penelitian-penelitian mengenai televisi karena sifatnya yang audio visual sangat besar dalam memberikan pengaruh kepada masyarakat. Dalam pertelevisian Indonesia, program yang diminati masyarakat sudah barang tentu menarik minat para pebisnis yang ingin beriklan di televisi. Dalam rangka menentukan tayangan apa yang memang menjadi favorit pemirsa dan tayangan apa yang tidak ”laku” dijual, AC Nielsen adalah yang memperkenalkan riset rating dan share pemirsa televisi yang begitu dipercaya oleh semua kalangan broadcaster. Beberapa riset tandingan tidak pernah menjadi acuan dasar para broadcaster dan mereka menganggap Hasil peneliatian AC Nielsen-lah yang paling akurat. Jika pasar monopolistik ini terus berjalan, bukan tidak mungkin kita sebagai pemirsa yang akan terkena dampak dari perang antar media. Diantara para pemirsa ini penulis melihat minat masyarakat pada akademi jurusan broadcasting yang semakin populer dan banyak diminati, maka penulis ingin mengetahui sejauhmana persepsi mahasiswa terhadap riset televisi AC Nielsen. Penulis merasa ada yang harus ditelusuri dari riset yang dijalankan AC Nielsen. Maka dengan melakukan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif penulis melakukan penelitian tentang Riset AC Nielsen ini. Hasil penelitian survei dilapangan, diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap riset televisi AC Nielsen cenderung netral. Kesimpulan ini didapat berdasarkan rangkuman hasil penjumlahan data survei yaitu pada dimensi perhatian, terdapat 23 orang responden atau 60,5 % beranggapan positif, 10 orang responden atau 20,63 % beranggapan netral terhadap riset televisi AC Nielsen. Sedangkan pada dimensi penafsiran terdapat 2 orang responden atau 5,3 % beranggapan positif dan terdapat 31 orang responden atau 81,6% beranggapan netral terhadap riset televisi AC Nielsen dan pada dimensi pengetahuan terdapat 4 orang responden atau 10,5 % beranggapan positif dan terdapat 32 orang responden atau 84,2 % yang beranggapan netral terhadap riset televisi AC Nielsen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 09 035 |
Call Number: | SK/09/309 |
NIM/NIDN Creators: | 4410412-031 |
Uncontrolled Keywords: | RISET TV |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Jun 2017 16:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2017 16:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26019 |
Actions (login required)
View Item |