Strategi kreatif perancangan iklan televisi partai Gerindra periode pemilu 2009 versi sosialisasi partai

Saftianingsih, (2009) Strategi kreatif perancangan iklan televisi partai Gerindra periode pemilu 2009 versi sosialisasi partai. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Periklanan politik merupakan salah satu bentuk dari cara mengkampanyekan diri dan partai para marketer politik di Indonesia. Perkenalan politik dalam penyajiannya juga memberikan berbagai strategi kreatif yang juga merupakan elemen penting dalam komunikasi pemasaran, strategi kreatif dianggap sebagai hasil terjemahan dari berbagai informasi mengenai produk, pasar, dan konsumen sasaran ke dalam suatu posisi tertentu di dalam komunikasi, yang kemudian dapat dipakai untuk merumuskan tujuan iklan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana suatu pesan tercipta melalui strategi kreatif berdasarkan pendekatan kreatif, daya tarik pesan iklan, dan gaya eksekusi iklan. Adapun teori strategi kreatif yang digunakan penulis mengacu pada pendapat A. Jerome Jeweler, bahwa ”strategi merupakan formula untuk menjual produk malalui iklan dengan menuliskan atau menyampaikan kata-kata dan atau visualisasi pesan yang dipilih”. Sedangkan pendekatan kreatif, daya tarik pesan iklan, dan gaya eksekusi iklan mengacu pada M. Suyanto, mengenai strategi USP (Unique Selling Proposition), Brand Image, dan atau Positioning. Sifat penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dimana penulis hanya menganalisa dan menjabarkan strategi kreatif berdasarkan data yang diperleh darai hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan televisi Partai Politik GERINDRA versi ”sosialisasi partai” menggunakan pendekatan Unique Selling Propotition dengan menekankan Partai GERINDRA adalah partai yang mendukung rakyat terutama rakyat kecil seperti, petani, nelayan, buruh dan pedagang kecil, sebagai problem solver-nya. Iklan ini menggunakan daya tarik emosional sedangkan untuk teknik visualnya menggunakan gaya eksekusi teknik visual combination.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KV. 09 005
Call Number: SK/09/505
NIM/NIDN Creators: 44405010028
Uncontrolled Keywords: kreatif perancangan iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 14:53
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item