Farida, Syarifah Ida (2009) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Universitas Al Azhar Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini membahas bagaimana pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, yang dapat meningkatkan produktivitas, kinerja serta berperilaku positif terhadap pekerjaannya. Data diperoleh melalui survey dengan menyebarkan kuisioner kepada 40 karyawan di Universitas Al Azhar Indonesia. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus Slovin, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Budaya Organisasi Universitas Al Azhar Indonesia disebut dengan Enterprising University yaitu universitas yang mempunyai keunggulan, keadilan dan keikhtiaran. Adapun indikator untuk mengetahui kepuasan kerja yaitu: 1) instrinsik pekerjaan, 2) gaji atau penghasilan, 3) penyeliaan, 4) rekan-rekan sejawat yang menunjang dan 5) kondisi kerja yang menunjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode penelitian analisis regresi linear sederhana. Regresi linear sederhana didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen (budaya organisasi) dengan satu variabel dependen (kepuasan kerja). Dengan menggunakan persamaan : Ŷ = a + bX. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ŷ = 39,060 + 1,005X. Hal ini berarti bahwa setiap penambahan 1 (satu) nilai pada variabel Budaya Organisasi (X) akan meningkatkan variabel Kepuasan Kerja (Y) sebesar 1,005 kali pada konstanta 39,060. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa ketika tidak ada budaya organisasi maka akan terdapat nilai kepuasan kerja karyawan sebesar 39,060. Untuk masa yang akan datang, universitas perlu mengevaluasi budaya organisasi yang ada dengan mengimplementasikan sifat Rasul yang harus diteladani, sifat manusiawi yang harus dihayati, sikap siaga diri yang harus dimiliki, dan Tujuh Elemen Dasar yang harus dijiwai. Apabila sudah diimplementasikan maka akan terbentuk budaya yang kuat, sehingga karyawan akan berperilaku positif terhadap pekerjaannya. Selain itu sebaiknya universitas harus memperbaiki sistem manajemen yang ada, dengan mengedepankan sumber daya manusia yang bermutu, profesional dan mempunyai loyalitas yang tinggi, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat diraih secara efektif dan efisien. Kata kunci : budaya organisasi, kepuasan kerja karyawan, budaya kuat, perilaku positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FE/MJ. 09 290 |
Call Number: | SE/MJ/10/016 |
NIM/NIDN Creators: | 43105110102 |
Uncontrolled Keywords: | budaya organisasi, kepuasan kerja karyawan, budaya kuat, perilaku positif. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Jan 2010 15:04 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25639 |
Actions (login required)
View Item |