Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Capital Adequacy Ratio ( Car ) Pada Perusahaan Perbankan Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2007

Darwinanta, (2009) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Capital Adequacy Ratio ( Car ) Pada Perusahaan Perbankan Yang Go Public di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Nama : Darwinanta, NIM : 43207110087, Judul : Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Capital Adequacy Ratio (CAR) pada Perusahaan Perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta Periode 2003-2007 Pada saat krisis moneter banyak bank yang tidak sehat sehingga harus dilikuidasi. Bank-bank yang dilikuidasi tersebutterutama karena memiliki Capital Adequacy Ratio (CAR) dibawah negatif 25 persen, sedangkan bagi bank-bank yang memiliki CAR antara negatif 25 persen sampai dengan 4 persen harus ikut program rekapitulasi dan restrukturisasi perbankan. CAR minimum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia adalah sebesar 8 persen. Rasio permodalan yang diukur dengan CAR dipengaruhi oleh aspek-aspek lain dalam penilaian tingkat kesehatan Bank seperti kualitas aktiva, rentabilitas, likuiditas, serta efisiensi operasional bank. Jika aspek-aspek tersebut berada pada kondisi yang baik maka CAR bank tersebut juga berada pada kondisi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Non Performing Loans (NPL), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Loan Deposits Ratio (LDR), dan Ratio Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap CAR. Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan perbankan yang Go Publik di Bursa Efek Jakarta dengan kategori perusahaan yang mempunyai laporan keuangan publikasi tahunan dan tidak de listing selama periode 2003-2007. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 21 perusahaan. Data penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Biro Riset Infobank 2003-2007 dan Direktori Perbankan Indonesia 2003-2007. Tehnik Regresi Linier Berganda digunakan untuk analisis inidengan uji hipotesis F-test dan t-test pada tingkat signifikansi 5 persen. Analisis regresi menghasilkan persamaan sebagai berikut: CAR = 40,269 + 0,408 NPL + 2,519 ROA – 207 ROE – 0,099 LDR - 0,219 BOPO + έ Uji hipotesis simultan F-test, diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 16,225 > 2,29 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel NPL, ROA, ROE, LDR, dan BOPO secara bersama-sama mempunyai pengaruhyang signifikan terhadap CAR. Sedangkan secara pertial, variabel NPL sebesar 3,069 ROA sebesar 2,240 ROE sebesar -4,172 LDR sebesar -3,210 berpengaruh signifikan terhadap CAR. Untuk variabel BOPO tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap CAR karena thitung < t tabel yaitu -1,769 < 1,980 Kata Kunci : Rasio Kecukupan Modal Bank

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 09 113
Call Number: SE/AK/10/040
NIM/NIDN Creators: 43207110087
Uncontrolled Keywords: Rasio Kecukupan Modal Bank BANK
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Jan 2010 14:58
Last Modified: 31 May 2017 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25448

Actions (login required)

View Item View Item