Strategi program are you smarter than A 5th grader? di Global tv dlm meningkatkan rating dan share (Periode April 2009)

Wiwin, (2009) Strategi program are you smarter than A 5th grader? di Global tv dlm meningkatkan rating dan share (Periode April 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kehadiran media televisi dalam perkembangan teknologi komunikasi massa merupakan sejarah penting dalam kehidupan manusia, karena televisi diharapkan memberikan suatu tayangan program yang bersifat informasi, edukasi dan hiburan bagi masyarakat. Bahkan saat ini televisi boleh dikatakan telah mendominasi semua ruang waktu setiap orang. Program atau acara yang disajikan adalah faktor yang membuat audien tertarik untuk mengikuti siaran yang dipancarkan stasiun penyiaran televisi. Pengelola stasiun televisi dituntut untuk memiliki kreativitas seluas mungkin untuk menghasilkan berbagai program yang menarik. Are You Smarter Than A 5th Grader? merupakan program game Show yang berbeda dari program-program game show yang ada saat ini, dimana seorang peserta dewasa diuji pengetahuannya dengan pertanyaan-pertanyaan pelajaran SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program Are You Smarter Than A 5th Grader? versi Indonesia dalam meningkatkan rating dan share. Dan periode yang digunakan adalah bulan April 2009. Strategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mempunyai tujuan dan target yang ingin dicapai serta dapat mencapai hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi Are You Smarter Than A 5th Grader? yang mengetahui dari proses pengakuisisian program tersebut sampai pada tahap syuting. Hasil penelitiannya adalah acara Are You Smarter Than A 5th Grader?, menggunakan strategi memperluas jaringan audience atau pemirsanya dan strategi pendahuluan kuat (strong lead-in) dalam menayangkan program Are You Smarter Than A 5th Grader?. Beberapa target tercapai seperti target audien dan target spot iklan dan perolehan ratingnya mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Kesimpulannya Strategi yang diterapkan oleh Are You Smarter Than A 5th Grader? adalah strategi memperluas jaringan audience atau pemirsanya dan menekankan kepada penajaman sasaran family. Sarannya adalah Are You Smarter Than A 5th Grader? dapat menayangkan ulang program tersebut di hari berikutnya agar mendapatkan audiens yang lebih banyak lagi. Serta harus dapat membuat gimmick-gimmick yang lebih menarik dan seru lagi agar audien lebih terhibur. Seluruh pendukung acarapun harus lebih bisa berinteraksi dengan pemirsa dirumah. Harapan juga diberikan guna perbaikan yang bisa dilakukan oleh Are You Smarter Than A 5th Grader? dalam menayangkan acaranya dan menjadi bahan referensi untuk karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 134
Call Number: SK/09/583
NIM/NIDN Creators: 44105010171
Uncontrolled Keywords: Strategi program, global tv, rating dan share
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Nov 2009 11:01
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25110

Actions (login required)

View Item View Item