Strategi produksi program acara dahsyat dlm meningkatkan rating dan share di rcti periode oktober 2008 - maret 2009

Septiyani, Istianah (2009) Strategi produksi program acara dahsyat dlm meningkatkan rating dan share di rcti periode oktober 2008 - maret 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi sebagai media massa tidak hanya berfungsi sebagai sarana informasi, pendidikan, hiburan, dan kebudayaan, tetapi juga telah tumbuh sebagai sarana bisnis. Kini informasi telah menjadi komoditi yang dapat diperjualbelikan untuk mendapat keuntungan. Program musik saat ini banyak dilirik oleh stasiun televisi sebagai tayangan alternatif yang menghibur. Dahsyat sebagai salah satu program musik terbaru yang dihadirkan RCTI ini mengangkat tema Deretan Hits Teratas dengan konsep akuistik menyajikan musik, video klip, kring – kring Dahsyat, Dahsyatnya Radio, chart Dahsyat dan Dahsyatnya Pasar. Yaitu bagaimana strategi yang dilakukan oleh tim produksi Dahsyat sehingga acara Dahsyat ini menjadi lebih dahsyat dan lebih disukai oleh pemirsanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produksi apa yang diterapkan oleh program acara Dahsyat dan periode yang digunakan adalah bulan Oktober 2008 sampai dengan Maret 2009. Strategi program televisi diperlukan agar setiap program yang ditayangkan mencapai hasil yang optimal. Pada penelitian ini strategi yang digunakan adalah strategi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain, melalui tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling). Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang memberikan gambaran atau penjabaran tentang kondisi empiris objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview), bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dari tim produksi program musik Dahsyat. Hasil penelitiannya adalah program acara Dahsyat dalam hal ini menonjolkan kontent – kontent program acara yang ada di Dahsyat seperti kring – kring Dahsyat, Dahsyatnya Radio, Dahsyatnya kantor, dan yang terbaru adalah Dahsyatnya Pasar serta tema yang disajikan berbeda setiap harinya. Peran presenter acara Dahsyat sangat berpengaruh sehingga Dahsyat menjadi program terfavorit, diantara program – program musik yang disiarkan distasuin TV lain. Sarannya adalah agar Dahsyat dapat Tim Produksi Dahsyat harus lebih meningkatkan lagi kinerjanya dalam menyajikan konten – konten acaranya sehingga tidak membuat penonton cepat bosan dan juga Program musik Dahsyat dalam hal ini lebih dekat dengan penonton televisi karena jarangnya Dahsyat tayang diluar studio, sehingga membuat sahabat – sahabat Dashyat kurang puas untuk melihat Dahsyat secara langsung Harapan juga diberikan perbaikan yang bisa dilakukan oleh Dahsyat dalam menayangkan acaranya dan menjadi bahan referensi untuk para karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 081
Call Number: SK/09/575
NIM/NIDN Creators: 44105010095
Uncontrolled Keywords: produksi program acara
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 15:10
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item