Susi, (2009) Aktivitas promosi PT Pertamina pd produk pelumas enduro pd periode Juli-Desember 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
Abstraksi Promosi merupakan komponen penting dalam total Promotion mix perusahaan, karena melalui promosi sebuah perusahaan dapat mengkomunikasikan produknya kepada masyarakat agar produk itu dikenal dan pada akhirnya dibeli. Selain itu juga dengan berpromosi, dapat terlihat keuntungan dan kerugian suatu perusahaan dalam berproduksi. Promosi adalah memberikan informasi, menghimbau kepada khalayak ramai. Konsep kerangka acuan yang penulis gunakan adalah konsep yang secara umum sering digunakan untuk menyampaikan pesan adalah apa yang disebut sebagai bauran promosi (promotion mix). Disebut bauran promosi karena biasanya pemasar sering menggunakan berbagai jenis promosi secara simultan dan terintegrasi dalam suatu rencana promosi produk. Terdapat 5 jenis promosi yang disebut sebagai bauran promosi (promotion mix) yaitu Iklan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), Hubungan Masyarakat (Public Relation), serta Pemasaran Langsung (Direct Marketing ). Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Deskriptif dalam pengertian bahwa penelitian ini ingin menggambarkan mengenai aktivitas promosi PT. Pertamina. Kualitatif dalam pengertian bahwa peneliti tidak melihat hubungan antar variable tetapi ingin lebih melihat makna secara keseluruhan dari kegiatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan aktivitas promosi pada PT. Pertamina pada Juli – Desember 2008 dapat berjalan baik sesuai dengan proses perencanaan yang telah dibuat serta dapat mencapai tujuan yang diinginkan, hal ini dapat dilihat dari penjualan produk yang meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa PT. Pertamina dalam melakukan kegiatan penjualan produk Pelumas Enduro 4T telah sesuai dengan langkah perencanaan kerja periklanan yaitu melakukan riset sebagai langkah awal, memilih media yang sesuai dengan target market PT. Pertamina. Saran yang dapat penulis berikan pada PT. Pertamina agar lebih banyak lagi melakukan kegiatankegiatan promosi dan pemakaian media-media promosi lain agar dapat menjangkau lebih banyak lagi khalayak atau konsumen dari target market produk PT. Pertamina.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 054 |
Call Number: | SK/09/573 |
NIM/NIDN Creators: | 04302-067 |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas promosi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 15:00 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:59 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25100 |
Actions (login required)
View Item |