Darwis, Roemarini (2009) Citra sctv melalui isi pemberitaan program sinetron di surat kabar republika periode Januari - Desember 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Humas memiliki fungsi dan tugas antara lain menganalisa dan mengevaluasi program yang dicanangkan perusahaan dan citra perusahaan yang ada di masyarakat. Analisa isi pemberitaan penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan karena menyangkut informasi yang dapat memberikan penilaian terhadap perusahaan, khususnya mengenai citra. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan isi pemberitaan program sinetron di surat kabar Republika terhadap Citra SCTV selama periode yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan menjabarkan kerangka pemikiran mengenai komunikasi, yaitu penyampaian informasi. Dijabarkan dari alur komunikasi secara umum, efek dan fungsi komunikasi massa, unsur-unsur berita hingga faktor-faktor yang mempengaruhi citra perusahaan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisa isi dengan sifat penelitian secara deskriptif kuantitatif. Kategorisasi berita yang dilakukan adalah Kualitas Berita dengan hasil pemberitaan obyektif (100%), akurat (100%), serta berimbang dan adil (73%), Publisitas Berita dengan didominasi berita spontan (100%). Sementara kategorisasi citra yang dilakukan adalah Identitas Perusahaan (Corporate Identity) dengan hasil cenderung positif (80%), Reputasi (Reputation) dengan hasil cenderung positif (60%), Tingkat Pelayanan (Level of Service) dengan hasil cenderung positif (60%), dan Kontak Personel (Contact Personnel) dengan hasil cenderung positif (67%). Hal ini sesuai dengan survey pemirsa televisi yang dilakukan untuk mengukur citra SCTV. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam pemberitaan surat kabar Republika periode Januari – Desember 2007 kecenderungan isi pemberitaan program sinetron terhadap Citra SCTV adalah ke arah positif. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa hubungan yang baik dengan media (media relations) sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman informasi yang berpengaruh pada citra perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 005 |
Call Number: | SK/09/559 |
NIM/NIDN Creators: | 44206110017 |
Uncontrolled Keywords: | Citra sctv - republika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 11:27 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25086 |
Actions (login required)
View Item |