Widyaningsih, Riviana (2009) Strategi humas dirjen pajak dep keu RI dlm mensosialisasikan program sunset policy periode Juni - Desember 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Nama : Riviana Widyaningsih Nim : 4420401-059 Judul Skripsi : Strategi Humas Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan RI dalam Mensosialisaikan Program Sunset Policy Periode Juni – Desember 2008 Bibliografi : 30 Buku ( 1984 – 2006 ) Sesuai dengan UU KUP tahun 2007, Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan kebijakan sunset policy. Sunset Policy merupakan fasilitas penghapusan sanksi pajak penghasilan orang pribadi atau badan berupa bunga atas kekuarangan pembayaran pajak yang dapat dinikmati oleh masyarakat baik yang belum memiliki NPWP maupun yang telah memiliki NPWP pada tanggal 1 Januari 2008.Humas Direktorat Jenderal Pajak melakukan sosialisasi sunset policy bagi masyarakat seperti instansi pemerintah, lembaga, asosiasi, dan pihak lainnya. Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk memperbaiki kualitas masyarakat dalam memandang dan melaksanakan kewajiban perpajakan pada Negara. Rumusan masalah ini adalah bagaimana strategi humas Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan RI dalam mensosialisasikan program Sunset Policy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan RI dalam mensosialisasikan program Sunset Policy. Kerangka Teori dari penelitian ini terdiri atas komunikasi, Komunikasi organisasi, Humas, Strategi Humas dan Sosialisasi. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah study kasus dengan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data primer. Teknik pengumpulan data sekunder melalui studi kepustakaan dan penelusuran data. Sedangkan definisi konsep peneliti mengacu pada strategi humas, sosialisasi humas, dan sunset policy. Peneliti juga menggunakan metode triangulasi serta observasi untuk teknik analisa data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi Humas Direktorat Jenderal Pajak dalam mensosialisasikan program sunset policy, melakukan Startegi seperti yang dijelaskan oleh Scott M. Cultip dan Allen H. Center melalui empat langkah yaitu mulai dari Menentukan Masalah, Perencanaan Program dan Penyusunan Program, Melakukan Tindakan dan Berkomunikasi serta melakukan Evaluasi Program. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, Strategi yang dilakukan oleh Humas Direktorat Jenderal Pajak tersebut menunjukan bahwa hampir 90% masyarakat mengetahui dan tertarik tentang adanya sunset policy. Sosialisasi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pajak di berbagai tempat, memudahkan masyarakat untuk ikut memanfaatkan dan memfasilitasi adanya program Sunset Policy. Saran peneliti adalah pemerintah harus membuat kebijakankebijakan lain seperti sunset policy agar nantinya dapat bermanfaat bagi masyarkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 09 057 |
Call Number: | SK/09/557 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401-059 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi humas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 10:55 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25084 |
Actions (login required)
View Item |