Komaruddin, Taufik (2009) Pengaruh tayangan berita pemilu kabar petang di tvone thd pengetahuan pemilu 2009 warga perumnas cengkareng timur jak-bar. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Taufik Komaruddin (44105010134) Pengaruh Tayangan Berita Pemilu Kabar Petang di TVone Terhadap Pengetahuan Pemilu 2009 Warga Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat i-ix + 119 halaman; 43 tabel; 11 lampiran Bibliografi-Daftar Pustaka (1990 - 2006) Kata Kunci : Tayangan Berita Pemilu, Kabar Petang, Pengetahuan Pemilu 2009 Pemilu dilakukan 5 tahun sekali untuk memilih wakil-wakil rakyat. Maka dari itu membuat stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan beragam tayangan berita mengenai Pemilu 2009. Televisi sebagai alat informasi media massa mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penyebaran komunikasi. TVone sebagai TV pemilu melalui tayangan Kabar Petang selalu melaporkan perkembanganperkembangan terkini tentang berbagai pemilu Legislatif 2009. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh tayangan berita pemilu kabar petang di TVone terhadap pengetahuan pemilu 2009 warga Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Tujuannya yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh tayangan berita pemilu kabar petang di TVone terhadap pengetahuan pemilu 2009 warga Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pada tinjauan pustaka peneliti menggunakan teori uses and gratification yang dicetuskan oleh Elihu Katz dkk dan teori uses and effects yang dikemukakan oleh Severin Windhal. Inti dari teori uses and gratification adalah khalayak pada dasarnya menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Jika motif ini terpenuhi maka kebutuhan khalayak akan terpenuhi Penelitian ini bersifat eksplanatif yang menjelaskan pengaruh tayangan berita pemilu Kabar Petang di TVone terhadap pengetahuan Pemilu 2009 warga Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode survey terhadap 102 responden yang diambil dengan teknik purposif sampling di RW 010 Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat disertai teknik analisis Statistik Koefisien Korelasi Pearson Product Moment. Hasil r sebesar 0,695 menunjukan hasil positif yang cukup berarti dengan besar angka batas penolakan hipotesa nol pada tabel nilai t adalah 1,983. maka disimpulkan bahwa kenyataan menunjukan bahwa nilai t yang diperoleh dalam penelitian ini telah melebihi nilai batas penolakan hipotesis nol. Artinya, hasil yang diperoleh adalah signifikan. Kontribusi X terhadap Y sebesar 48,3% dan 51,7% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain diluar variabel X. Dengan demikian ada pengaruh antara tayangan berita pemilu Kabar Petang di TVone terhadap pengetahuan pemilu Legislatif 2009 warga Perumnas Cengkareng Timur, Jakarta Barat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 09 083 |
Call Number: | SK/09/516 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010134 |
Uncontrolled Keywords: | tayangan berita |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 13 Nov 2009 11:25 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25045 |
Actions (login required)
View Item |